Share |

Database PSSI La Nyalla Andalkan Teknologi


KOMITE Sepakbola gelar rapat pertama, Jumat (20/4). Pada rapat itu dicetuskan ide berdayakan teknologi terkini guna menyusun database anggota PSSI.

Sesuai fungsinya dalam Statuta PSSI pasal 58, Komite Sepakbola bertanggung jawab atas semua hal umum terkait sepakbola, khususnya saol struktur, klub, AFF, AFC, dan FIFA.

Dan, pada rapat di kantor PSSI, Pintu I Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Komite Sepakbola dipimpin ketua Zulfadhli membahas banyak hal berkaitan dengan struktur PSSI.

Seperti dijelaskan Wakil Ketua Erwin Dwi Budiawan, desain peraturan organisasi (PO) dan rekomendasi adanya departemen organisi dalam struktur kesekjenan jadi agenda yang dibahas.

"Di antaranya kami membahas soal desain PO Pengrov dan klub profesional dan amatir. Soal ini, kami harus menjalin komunikasi yang baik dengan Komite Ad-Hoc Amandemen Statuta. Pasalnya, PO adalah penjabaran dari statuta," terang Erwin.

"Kami juga merekomendasikan adanya departemen organisasi dalam struktur kesekjenan," lanjut Erwin sebelum rapat Komite Ad-Hoc Kompetisi Profesional di Hotel Parklane, Jakarta, Jumat (20/4).

Paling menarik dari beberapa bahasan dalam rapat itu adalah munculnya ide menggunakan teknologi terkini guna menyusun database anggota PSSI.

Sekadar catatan, database anggota PSSI memang kerap dipermasalahkan, terutama dalam kondisi sepakbola Indonesia saat ini. Penggunaan teknologi modern dalam penyususnan database anggota PSSI tentu jadi solusi yang baik.

"Pemakaian teknologi terkini dalam penyusunan database jadi solusi bagi masalah yang berkaitan dengan jumlah dan struktur anggota PSSI. Jadi, jika bicara soal anggotanya, PSSI punya database yang mudah diketahui jumlah dan strukturnya," jelas Erwin.

Selain membahas perbaikan struktur internal PSSI, rapat itu juga membicarakan hubungan PSSI dengan AFC dan FIFA. Apalagi, saat ini AFC telah membentuk tim investigasi guna menelusuri kisruh sepakbola Indonesia.

Komite Sepakbola menurut Statuta PSSI:

Pasal 58
Komite Sepakbola
(1) Komite Sepakbola bertanggung jawab terhadap semua hal umum yang berkaitan dengan sepakbola, khususnya hal-hal yang terkait dengan struktur, klub, AFF, AFC, dan FIFA.
(2) Komite Sepakbola terdiri atas seorang ketua, seorang wakil ketua, dan 3 (tiga) anggota.
ksb
Share on Google Plus

About 12paz