Share |

Djohar BOHONG , Statuta FIFA Pasal 79 Tak Ada Hubungannya


Pemrakrasa Asosiasi Pemain Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI), Irawadi Hanafi, dengan tegas menepis komentar Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin yang mengklaim pemain Indonesia Super League (ISL) tak bisa memperkuat tim nasional.

Beberapa waktu lalu Djohar menuturkan seluruh pemain yang berkecimpung di kompetisi di luar naungan PSSI, otomatis tidak bisa masuk timnas. Selain masyarakat menilai Djohar sebagai pemimpin yang plin-plan karena sebelumnya pernah mengatakan boleh, komentarnya ini juga mendapat tentangan dari APSNI. Sebabnya, statuta FIFA pasal 79 yang digunakan Djohar sebagai dasar, dinilai tidak ada hubungannya dengan wacana ini.

“Statuta FIFA pasal 79 itu memang bicara tentang pemain yang bukan anggota federasi sepakbola suatu negara, tak boleh memperkuat timnas negara yang bersangkutan. Tapi ini tidak ada hubungannya, karena seluruh pemain dan klub ISL itu hingga detik ini masih berstatus sebagai anggota PSSI, bahkan terdaftar juga di AFC dan FIFA,” tegas Irwadi.

“Beda dengan LPI (Liga Primer Indonesia) dulu. Saat itu mereka jelas tidak terdaftar sebagai anggota PSSI, apalagi AFC dan FIFA. Jadi tidak ada hubungannya.”

Selain itu, Irwadi juga menambahkan para pemain tak perlu takut dengan ancaman PSSI dan menghimbau agar tetap fokus bermain, karena APSNI siap membela hak mereka yang pantas masuk timnas.

“Kami dari asosiasi (APSNI) siap melakukan somasi jika PSSI tetap pada pendiriannya,” demikian Irawadi.

Sementara itu Rahmad Darmawan sudah menyatakan enggan tetap di kursi pelatih timnas U-23 jika tidak mendapat kebebasan dalam memilih pemain. (jon.arenaku)

STATUTA FIFA Pasal 79:

1. PLAYERS AND TEAM AFFILIATED TO MEMBERS OR PROVISIONAL MEMBERS OF THE CONFEDERATIONS MAY NOT PLAY MATCHES OR MAKE SPORTING CONTACTS WITH PLAYERS OR TEAM THAT ARE NOT AFFILIATED TO MEMBERS OR PROVISIONAL OF THE CONFEDERATIONS WITHOUT THE APPROVAL OF FIFA.

2. MEMBERS AND THEIR CLUB MAY NOT PLAY ON THE TERRITORY OF ANOTHER MEMBER WITHOUT THE LATTERS APPROVAL.

Share on Google Plus

About 12paz