Share |

Persib Bandung Akhirnya Putuskan Akan Ikut ISL


Teka-teki dan simpang-siur sikap Persib Bandung soal keikutsertaan dalam kompetisi akhirnya terjawab sudah.

PT PBB secara resmi memutuskan Persib akan berkiprah di Indonesia Super League (ISL) atau Liga Super Indonesia (LSI).

Hal Itu diungkapkan Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S Taryono saat jumpa pers di Kantor PT PBB, Jalan Sulanjana, Bandung, Senin (21/11/2011) sore. "Kita akan mengikuti kompetisi LSI," tegas Kuswara.

Banyak pertimbangan yang menjadi dasar keputusan tersebut, di antaranya, PSSI selaku regulator sepak bola tertinggi di tanah air dinilai gagal menyelesaikan permasalahan rumit yang sedang masih berkembang saat ini. "Tampaknya PSSI masih punya kendala untuk menggelar kompetisi dengan 18 klub yang sesuai dengan koridor," kata Kuswara.

Hal tersebut, lanjut Kuswara, yang menjadi syarat sebelumnya kala PT PBB memutuskan ikut Indonesia Premier League (IPL). Namun sampai sekarang syarat tersebut belum direalisasikan oleh PSSI.

Selain itu, Kuswara menambahkan, keputusan final tersebut sesuai dengan pertimbangan kualitas kompetisi. Seperti diketahui, para kontestan kompetisi ISL hingga kini banyak yang menilai lebih berkualitas.



Persib sendiri sebelumnya sudah menyatakan akan berlaga di kompetisi resmi PSSI bentukan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), yakni Indonesia Premier League (IPL) 2011-2012.

"Banyak pertimbangan untuk Persib menentukan pilihan. Besar kemungkinan kita akan ikut ISL, jika PSSI tidak memenuhi syarat yang sudah kita kirimkan sebelumnya," kata Kuswara dalam keterangan persnya di Cafe Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (21/11/2011).

Selain itu, Persib pun mempertanyakan soal adanya beberapa tim yang mendapat tiket gratis berlaga langsung di IPL. Padahal, mereka tidak seharusnya berlaga di kompetisi kasta tertinggi. Seperti Bontang FC, yang musim lalu sudah terdegradasi, dan adanya sejumlah klub Liga Primer Indonesia (LPI), seperti Persema Malang, PSM Makassar dan Persibo Bojonegoro.

"Jika mengikuti hasil kongres PSSI terakhir, klub-klub itu tidak seharusnya berlaga di kompetisi kasta tertinggi. Kita butuh berkompetisi dengan atmosfer yang tinggi dan sehat," pungkasnya.[ang]
Share on Google Plus

About 12paz