Share |

Alfred Riedl Bekali Tunas Garuda


Alfred Reidl sudah tidak lagi menjadi pelatih timnas Indonesia. Tapi pelatih asal Austria itu tetap akan dipercaya memberikan soccer clinic kepada para finalis pemain Tunas Garuda di Jakarta. Riedl akan membekali pemain terpilih dengan pengetahuan dan teknik sepak bola sebelum mereka diberangkatakan ke markas Arsenal di London, September nanti.

Kepastian itu dinyatakan sendiri oleh Alfred Riedl kepada wartawan kemarin. "Saya tetap akan memberikan soccer clinic kepada tim Tunas Garuda. Saya sudah sepakat," kata Riedl.

Tim Tunas Garuda adalah program yang difasilitasi Demokrat Bakti Negeri. Tujuannya memberikan kontribusi besar kepada sepak bola Indonesia. Program ini digelar di Sembilan kota di tanah air. Dari masing-masing kota itu akan diseleksi empat pemain terbaik yang akan mengikuti seleksi final di Jakarta pada 18 September hingga 1 Oktober mendatang.

Dari seleksi final nantinya akan diambil 18 pemain yang akan mendapat kesempatan berharga berlatih tanding dan menimba ilmu bola di Arsenal. Selama di Arsenal tim Tunas Garuda akan mendapatkan pelatihan olah bola dari tim pelatih akademi The Gunners, julukan Arsenal.

Kemarin, seleksi tim Tunas Garuda memasuki tahap akhir. Yaitu digelar di Jakarta. Seperti di delapan kota sebelumnya, seleksi dibanjiri peminat. Lebih dari seribu bakat-bakat muda ikut mendaftar.

Penggagas program Tunas Garuda Anas Urbaningrum dalam pembukaan kemarin pagi mengatakan, dari even dini diharapkan bakal-bakat handal. "Tujuan dari seleksi Tunas Garuda adalah menjaring anak-anak yang punya bakat bermain bola untuk kami jadikan pemain hebat yang ke depan bias mengharumkan nama bangsa," kata Anas.

"Ini merupakan secuil kepedulian kita untuk membangkitkan kembali persepakbolaan nasional di era 1960-an. Harapan itu ada karena kita sama-sama saksikan begitu luar biasanya timnas kita saat tampil di Piala AFF beberapa waktu lalu. Meski kita tidak juara, tapi semangat sepak bola nasional begitu besar. Itu potensi yang harus digali dan dikembangkan," papar politisi asal Blitar Jawa Timur itu. (ali/ko)
Share on Google Plus

About 12paz