Share |

Ada Wacana Persipura Jadi 'Timnas' Lawan Turkmenistan


Indonesia tak punya banyak waktu persiapan jelang laga Pra-Piala Dunia 2014 kontra Turkmenistan. Sebagai solusi, ada wacana Persipura Jayapura dijadikan tim nasional.

Wacana ini muncul di kalangan anggota Komite Eksekutif PSSI yang baru saja terpilih. Para pemain Persipura, minus pemain asing tentunya, dinilai lebih solid dan lebih siap tempur.

"Pertimbangannya Persipura lebih siap tempur daripada kita mempersiapkan timnas dengan pemain-pemain dari berbagai klub," ungkap salah satu anggota Komite Eksekutif, Toni Apriliani, di Sekretariat PSSI Jabar, Jalan Lodaya, Selasa (12/7/2011).

"Tapi, kepastiannya masih harus nunggu besok. Kita juga masih harus rapat lagi," terangnya.

Selain soal kesiapan, hal ini juga sebagai bentuk penghargaan atas prestasi 'Mutiara Hitam' yang merebut gelar juara Indonesia Super League (ISL) musim lalu.

"Ini penghargaan buat mereka," ucap Toni.

Pertimbangan lainnya adalah Persipura masih rutin berlatih untuk menghadapi perempatfinal Piala AFC. Boaz Solossa dkk. pun diyakini lebih padu sebagai satu kesatuan tim.

Rencananya, Indonesia akan dua kali menghadapi Turkmenistan di Pra-Piala Dunia 2014. Leg pertama akan digelar di Ashgabat pada 23 Juli dan leg kedua akan digelar di Jakarta pada 28 Juli.

Timnas sendiri dijadwalkan akan bertolak ke Turkmenistan pada tanggal 20 Juli mendatang. Sementara pada tanggal 18 Juli nama-nama skuad yang akan diboyong ke Turkmenistan harus sudah diserahkan PSSI ke FIFA.

"Dengan waktu segitu, apa mungkin kita bisa lakukan persiapan maksimal untuk timnas? Makanya karena emergency, kita ambil langkah terbaik dengan menjadikan Persipura sebagai timnas," jelas Toni.

Dihubungi terpisah, anggota Komite Eksekutif lainnya, Bob Hippy, membenarkan adanya wacana menjadikan Persipura sebagai tim nasional.

"Memang ada wacana seperti itu. Tapi, itu masih sebatas wacana saja," ujar Bob.


( ors / mfi )
Share on Google Plus

About 12paz