Share |

Semen Padang vs Sriwijaya : ANDALAS PANAS


Aroma balas dendam dipastikan bakal terasa di Stadion Agus Salim, sore ini. Tuan rumah Semen Padang (SP) yang menjamu klub Sumatera lainnya, Sriwijaya FC (SFC), menebar ancaman menjelang laga.

Duel ini menjadi penuh gengsi.Sebab, pada pertemuan sebelumnya SP diberondong lima gol tanpa balas oleh SFC.Kekalahan besar itu terjadi di markas Laskar Wong Kito,julukan SFC, Stadion Gelora Sriwijaya (SGS) Jakabaring pada 6 Februari lalu. Kekalahan itu jelas membekas bagi Pelatih Nil Maizar dan anak asuhnya. Kemenangan pun wajib bagi mereka pada laga yang akan disiarkan antvmulai pukul 15.30 WIB,setelah sebelumnya Elie Aiboy dkk hanya bermain imbang 1-1 kontra Persib di kandang. Untuk SFC,meski di pertandingan perdana putaran kedua Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 kalah, mereka tetap ingin menjaga gengsi.

Jika mampu mencuri poin,minimal imbang, posisi anak asuh Ivan Kolev di level tengah bisa aman di klasemen. Pemenang laga ini juga akan membuktikan sebagai klub ISL penguasa Bumi Andalas.Dari tiga klub Sumatera yang ada di kompetisi level atas Indonesia, SP dan SFC berada di urutan lebih baik daripada PSPS Pekanbaru.Jadi, pertandingan ini bisa disebut derby papan atas Andalas. Tim tamu yang baru saja ditumbangkan Pelita Jaya,namun memiliki ambisi besar,datang ke Ranah Minangkabau dengan kekuatan tak komplet.Hanya,amunisi lini belakang Thierry Gautessi yang sebelumnya absen akibat akumulasi kartu kuning sudah bisa main lagi.

Bersama Claudiano Alves dos Santos di central defender,otomatis kekuatan benteng SFC makin bagus.Belum lagi di lini tengah Ponaryo Astaman yang kondisinya sudah membaik akan mendapatkan bantuan tenaga dari duo asing baru asal Asia Lim Joon-sik dan Kim Yong-hee. Keadaan itu semakin memudahkan aliran bola kepada para striker SFC. Kemungkinan besar juru gedor Laskar Wong Kito diisi duet kapten Keith Jerome ’Kayamba’ Gumbs dan Korinus Fingkrew atau penyerang pinjaman Jajang Mulyana. ”Melawan SP nanti kami bersyukur komposisi pemain lebih baik daripada saat melawan Pelita Jaya.Kalau kemarin Thierry dan Kim tidak bisa main,kini keduanya sudah bisa diturunkan,” kata Kolev.

”Yang pasti kehadiran Kim akan memperkuat barisan tengah bersama Lim dan Ponaryo.Begitu pula dengan Thierry,akan kembali menemani Claudiano di barisan pertahanan serta Jajang yang akan menggantikan posisi Budi (Sudarsono) yang belum pulih dari cedera,” lanjut pelatih asal Bulgaria itu. Soal komposisi pemain utama,Kolev memang belum mau terbuka.Meski sejumlah pemain yang cedera sudah pulih, kondisi semua pemain akan dilihat sang arsitek hingga menjelang laga. ”Pemain yang akan diturunkan,saya masih menunggu hingga latihan terakhir hari ini (kemarin) usai.

Saya tidak akan memaksakan kondisi pemain yang masih dibekap cedera,” cetus Kolev. Dari SP,tuan rumah pasti akan memaksimalkan semua faktor demi poin absolut yang hukumnya wajib.”Kami tentu tidak ingin kembali malu di depan pendukung sendiri.Poin tiga menjadi harga mati,” kata Nil Maizar. ”Kami ingin tetap bertahan di papan atas dan memperlebar jarak dengan Arema FC.Selain itu,SP akan berusaha mendekati Persipura yang kokoh di puncak klasemen,” lanjutnya, ● yopie cipta raharja
Share on Google Plus

About 12paz