Share |

Persipura Pilih "Santai" Selama Jeda Kompetisi


Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago menilai timnya semakin tangguh untuk mengarungi kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini. Oleh karena itu, ia mengaku tak khawatir sedikit pun performa "Mutiara Hitam" akan merosot meski tak melakukan persiapan pada jeda kompetisi.

Beberapa tim mulai berbenah dengan memaksimalkan masa libur kompetisi dengan melakukan training camp atau melakoni laga uji coba. Persija Jakarta, misalnya, berencana berujicoba melawan klub asal Malaysia yakni Kelantan FC dan Negeri Sembilan.

Namun, Persipura yang kini menjadi pemuncak klasemen justru memilih mengistirahatkan total timnya pada jeda kompetisi ini. "Masa liburan, anak-anak diliburkan total dari kegiatan sepak bola. Waktu liburan yang kurang lebih selama 40 hari, kami gunakan untuk mengembalikan kondisi pemain," jelas Jacksen .

Padahal, usai masa liburan, Boaz Solossa dkk akan berhadapan melawan tim-tim yang cukup tangguh. Setelah melakoni laga derbi Papua melawan Persiwa Wamena (3/1/2011), "Mutiara Hitam" akan bertandang ke PSM Makassar (6/1/2011) dan Persiba Balikpapan (9/1/2011).

"Saya tidak khawatir. Selama tiga musim bersama Persipura bukan kali pertama kami melakukan hal tersebut. Kalau Anda melihat singkatnya persiapan kami sebelum melakoni musim ini dan bandingkan dengan prestasi kami saat ini, Anda bisa melihat bahwa hal itu tidak menjadi persoalan buat kami. Tim hanya memiliki waktu efektif selama 15 hari pada awal musim," ungkap Jacksen.

Meski begitu, Jacksen tak memungkiri, timnya masih memerlukan pembenahan terutama di sektor pertahanan.

"Kami terlalu gampang membiarkan lawan memainkan bola di wilayah pertahanan kami sendiri. Saya perlu benahi hal tersebut," tukas mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

Jacksen juga memuji penampilan Boaz yang saat ini menjadi top skor dengan mengoleksi 11 gol. "Boaz penyerang yang paling produktif dan sejak ditunjuk sebagai kapten, ia memiliki peran yang besar bagi tim," ujar Jacksen.

Musim ini, Persipura memang tampil meyakinkan. Mereka menjadi satu-satunya tim yang belum pernah menelan kekalahan. Hasilnya, Persipura bertakhta di puncak klasemen dengan mengoleksi 22 poin atau unggul lima angka dari Arema di posisi kedua.
Share on Google Plus

About 12paz