Share |

BTN Coba Datangkan LA Galaxy & Timnas AS


Badan Tim Nasional (BTN) rupanya serius ingin mencari lawan tanding berkelas untuk timnas. Pada tahun 2011 BTN mencoba merayu LA Galaxy dan timnas Amerika Serikat untuk menjajal kekuatan 'Merah Putih'.

Di bawah arahan ketua BTN yang baru, Iman Arif, timnas seperti mendapat angin segar terkait lawan tanding yang selama ini sulit dicari di masa kepemimpinan Rahim Soekasah. Sebelumnnya timnas lebih banyak melawan klub-klub lokal saja dan jarang berlaga melawan negara-negara kuat.

Untuk awalnya BTN sudah memperlihatkan perbaikan ke arah yang lebih baik dengan mendatangkan peringkat keempat Piala Dunia 2010, Uruguay, yang hadir dengan tim terkuatnya pada 8 Oktober. Empat hari sesudahnya sebenarnya BTN merencanakan peserta PD lainnya yaitu Honduras sebagai lawan berikut. Namun karena terkendala jadwal akhirnya digantikan oleh Maladewa yang secara kualitas masih di bawah kita.

"Honduras sebenarnya kita pertimbangkan waktu mereka karena para pemain harus ke Los Angeles dan mepet waktunya. Jadi kita masukkan Maladewa sebagai calon lawan," ujar Iman dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Selasa (28/9/2010) malam WIB.

"Yang penting prinsipnya adalahnya satu tim kuat dan satu tim lemah atau seimbang di bulan Oktober dan November ini untuk persiapan ke Piala AFF sudah tercapai," lanjut Iman seraya menunjuk alasan memilih Maladewa sebagai lawan kedua pada ujicoba bulan ini.

Untuk lawan di bulan November sendiri timnas dijadwalkan akan melawan Pantai Gading pada 17 November. Namun calon lawan lain yang sudah pasti adalah Timor Leste dan China.

Lompat ke tahun depan, BTN mengimpikan untuk membawa tim kuat lagi ke Jakarta untuk jadi lawan Boaz Solossa cs. Tersebut tim Major League Soccer (MLS) LA Galaxy dan tim AS. Selain itu, Iman beberapa waktu lalu sempat menyebut akan membawa timnas Belanda, Inggris serta Argentina.

"Honduras kami pertimbangkan tahun depan saja, sama LA Galaxy dan AS," tukasnya seraya mengatakan David Beckham pun kemungkinan akan dibawa.

Ujicoba kontra Maladewa Diminta di luar Jakarta
Soal laga melawan Maladewa 12 Oktober mendatang, pihak panitian dalam hal ini Ketua LOC Djoko Driyono mengingkan pertandingan persahabatan itu dihelat di luar Jakarta. Alasan Joko adalah pertimbangan masyarakat daerah bisa lebih mengenal timnasnya serta kepentingan ekonomis.

"Saya pribadi menginginkan agar pertandingan melawan Maladewa digelar di daerah. Selain timnas bisa lebih dekat ke publik sepakbola nasional, kami juga melihatnya dari aspek ekonomis. Sebab, penonton yang menyaksikan pertandingan ini kemungkinan lebih sedikit dibandingkan saat melawan Uruguay," ungkap Joko.

Namun demikian hingga saat ini LOC sendiri belum bisa memberi kepastian soal itu, sebab keputusan tempat laga berlangsung merupakan wewenang pelatih Alfred Riedl untuk menentukannya.



Share on Google Plus

About 12paz