Share |

Level Kecamatan , Sepakbola Dicoret Dari Asian Games


Tertutup sudah peluang timnas sepakbola Indonesia tampil di Asian Games 2010 Guangzhou, China. KONI/KOI memutuskan untuk tidak menyertakan cabang terpopuler di dunia itu.

Minimnya prestasi di kancah internasional, menurut Komandan Pelatnas KONI/KOI Hendardji Soepandji di Jakarta, Rabu (10/3/2010) menjadi alasan utama. "Di tingkat Asia Tenggara saja tidak becus, apalagi di tingkat Asian Games. Sepakbola Indonesia masih selevel kabupaten," katanya dengan pedas di sela Workshop Asian Games di kantor KONI dikutip Antara.

KONI, masih menurut Hendardji, hanya atlet dengan prestasi setingkat SEA Games Laos lalu saja yang akan diberangkatkan. "Sesuai dengan data yang ada, cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke Asian Games sebanyak 17 cabang dengan total atlet kurang lebih 112 orang," terangnya.

"Atlet yang berangkat ke Asian Games minimal mendapatkan medali perak pada SEA Games lalu, namun sebelumnya juga harus melalui seleksi yang ketat," katanya.

Dia menjelaskan, cabang-cabang terpilih telah mulai melakukan pemusatan latihan, di mana beberapa akan melakukan ujicoba ke luar negeri. Mengenai pemusatan di luar negeri, hal ini dilakukan agar peningkatan kemampuan atlet lebih efektif.

"Selain uji coba, untuk meningkatkan kualitas atlet juga dilakukan tes fisik. Tes fisik diperlukan agar kemampuan atlet bisa terpantau dan terukur," katanya menegaskan.

Berdasarkan hasil tes fisik, jelasnya, kondisi atlet Indonesia yang akan diberangkatkan ke Asian Games belum sesuai standar yang ditetapkan oleh KONI/KOI. Untuk itu diperlukan peningkatan kualitasnya.

Indonesia pada Asian Games 2010 Guangzhou, China, yang berlangsung 13-21 November, akan menurunkan 17 cabang olah raga di antaranya bulutangkis, angkat besi, boling, akuatik, bola voli, karate, dan atletik.[air]
Share on Google Plus

About 12paz