Share |

Jatah Indonesia Di Liga Champions Asia Terancam Berkurang


Citra sepakbola nasional semakin terpuruk di mata internasional setelah posisi Superliga Indonesia mengalami penurunan di daftar peringkat konfederasi sepakbola Asia [AFC].

Saat ini, peringkat Superliga di Asia merosot drastis dari posisi kedelapan menjadi 16 dengan perolehan nilai yang menurun dari 296 menjadi 247,5. Dengan kondisi ini, maka jatah klub Superliga yang berlaga di Liga Champions Asia [LCA] terancam berkurang pada musim mendatang.


Tigor Shalomboboy, sekretaris PT Liga Indonesia, mengatakan, merosotnya posisi Superliga di daftar ranking AFC disebabkan rata-rata status klub Superliga adalah cukup karena hanya mengumpulkan nilai 2,4. Belum maksimalnya aspek legal juga diklaim sebagai salah satu calon pengganjal jatah Indonesia di LCA.

“Kami sudah memberikan peringatan kepada klub-klub Superliga untuk segera membenahi kekurangan itu. Sebab, AFC akan melakukan penilaian secara langsung dengan berkunjung ke Indonesia pada 1-14 April nanti. Jika tidak ada peningkatan, maka jatah Indonesia di Liga Champions Asia bisa berkurang,” ungkap Tigor.

Status aspek legal tertinggi saat ini dipegang Arema Malang, diikuti Persib Bandung, dan Pelita Jaya yang memperoleh nilai empat, sehingga disebut sebagai klub berlabel baik. Di bawah ketiga klub itu terdapat Sriwijaya FC dengan nilai tiga.
Share on Google Plus

About 12paz