Share |

Persidafon vs Persipura = 0-2 , Tempel Mitra Kukar di Puncak

Diwarnai satu kartu merah, derbi Papua antara Persidafon Dafonsoro melawan Persipura Jayapura yang tersaji di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Jumat (22/2), dimenangkan oleh Persipura.
Persipura Jayapura menurunkan skuad terbaiknya pada laga yang disaksikan 15 ribu penonton ini. Boaz Solossa dkk mampu mendominasi permainan, dan memaksa tuan rumah Persidafon bekerja ekstra keras menahan gempuran tim Mutiara Hitam.
Peluang emas diraih Persipura tiga menit jelang babak pertama usai. Bola hasil tembakan Boaz Solossa yang mengarah ke gawang ditahan dengan tangan oleh Fransisco Rumkabu. Otomatis, wasit mengganjar aksi Rumkabu itu dengan hukuman kartu merah.
Sayang, Boaz Solossa gagal mengeksekusi tendangan penalti tersebut, karena tendangannya malah melambung. Gol Persipura baru tercipta pada menit ke-45, melalui sundulan Otavio Dutra, meneruskan umpan manis dari Zah Rahan.
Lima menit babak kedua berjalan, Boaz menebus kesalahannya dengan mencetak gol ke gawang Persidafon. Kembali lagi, Zah Rahan menjadi aktor di balik terciptanya gol Persipura. Meski unggul jumlah pemain, Persipura tak bisa menambah gol di sisa waktu. Begitupula dengan Persidafon, yang tak kunjung mencetak gol balasan  hingga wasit Jerry Elly meniupkan peluit panjang tanda berakhinya pertandingan.
“Kami akui kekalahan kami, kami memang kalah di semua lini dari Persipura. Kehilangan Fransisco Rumkabu dibabak pertama membuat kami kekurangan pemain untuk meladeni permainan Persipura. Yang pasti, kekalahan ini menghambat target kami untuk menyapu bersih semua laga di kandang,” kata Erens Pehelerang, pelatih Persidafon, usai pertandingan.
Sedangkan pelatih Persipura, Jacksen Tiago, mengaku Persipura kali ini lebih beruntung pada derbi Papua.
“Laga derby selalu mempunyai tensi yg tinggi, dan kami lebih beruntung disini ketimbang saat melawan Persiram. Dengan kemenangan ini,  kami masih tetap berada di jalur yang dari awal sudah direncanakan. Dan, ini merupakan modal berharga untuk menghadapi laga kandang kami nantinya,” papar Jacksen.
Dengan hasil ini, Persipura naik ke urutan kedua klasemen ISL 2012/2013 dengan 15 poin dari tujuh pertandingan, terpaut empat poin dari Mitra Kukar yang memimpin klasemen. Persidafon ada di posisi ke-12 dengan koleksi tujuh poin.(da)
Share on Google Plus

About 12paz