Share |

Firman Utina Tidak dipanggil Timnas Untuk Kualifikasi Piala Asia

Pelatih Timnas Nil Maizar mengajukan 43 nama pemain guna menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) sebelum menjalani pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015. Ke-43 nama pemain ini berasal dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL). Selain itu, mantan pelatih Semen Padang itu kembali memanggil beberapa pemain naturalisasi.

"Ini hasil rapat tadi malam, Kamis (20/12) bersama PSSI. Yang jelas saya mencoba memanggil pemain yang terbaik menurut kami," kata Nil Maizar saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (21/12) pagi.

Dari data yang ada, posisi lini depan terdapat kejuataan setelah masuknya bomber Persipura Jayapura yaitu Boaz Salossa. Tim asal Papua ini juga menyumbang pemain depan lainnya yaitu Patrich Wanggai, Ferinanto Pahabol, Ian Kabes dan Lukas Mandowen.

Selain itu Nil Maizar juga memanggil Greg Nwokolo, Agung Supriyanto, Irfan Bachdim, Samsul Arif Munip, Rachmat Syamsuddin Leo, Bambang Pamungkas serta Tantan.

Untuk lini tengah pria asal Padang itu memanggil Atep, Ahmad Bustomi, Hendra Adi Bayauw, Immanuel Wanggai, Taufiq, Vendry Mofu, Rasyid Assyahid Bakri, Andik Vermansah, Oktovianus Maniani dan Egi Melgiansyah.

Khusus lini belakang ada 16 pemain yang dipanggil untuk pelatnas yaitu Ketut Mahendra, Syaiful Indra Cahya, Agus Nova, Legimin Raharjo, M. Roby, Zulkifli Syukur, M. Ridwan, Irfan Raditya, Eldjo Iba, Ricardo Salampessy.

Selain itu Wahyu Wijiastanto, Handi Ramdhan, Fachruddin Wahyu Aryanto, Novan Setya Sasongko, Victor Igbonefo serta pemain naturalisasi baru yaitu Raphael Maitimo. Untuk penjaga gawang ada lima pemain yang dipanggil yaitu Endra Prasetya, Wahyu Tri Nugroho, Deny Marcel, I Made Wirawan, dan Yoga Pratama.

Menurut dia, pemain yang akan dipanggil ini dinilai memiliki kemampuan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Apalagi pada PPA 2015, Indonesia tergabung dengan negara-negara kuat di Asia. Timnas Garuda pada PPA 2015 tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan Cina.

"Mereka akan mulai berkumpul 4 Januari nanti. Tapi untuk lokasi pelatnas belum ditetapkan. Antara Jakarta dan Medan. PSSI yang akan menentukan lokasinya,," kata Nil Maizar menambahkan.

Mantan pemain timnas itu mengaku, pemain yang dipanggil bukan hanya sebagai pemain yang terbaik saja melainkan juga disesuaikan dengan calon lawan yang ada dihadapi.

Sesuai dengan jadwal yang ada, Timnas Garuda akan menjalani pertandingan enam pertandingan. Pertandingan perdana PPA 2013 akan menghadapi tuan rumah Irak, 2 Februari 2013 mendatang.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di Jakarta, 22 Maret dan melawan Cina 15 Oktober. Setelah itu laga tandang ke Cina, 15 November, melawan Irak di Jakarta, 19 November dan pertandingan terakhir melawan tuan rumah Arab Saudi 5 Maret 2014.(hf)
Share on Google Plus

About 12paz