Share |

Limbong : Pemain Naturalisasi Nasionalismenya Belum teruji , Fokus Utama Mereka Uang dan Job


Naturalisasi sedang menjadi tren negara-negara Asia Tenggara. Indonesia termasuk yang melakukannya. Namun, kehadiran pemain naturalisasi di skuad Garuda pada Piala AFF 2012 ini bisa jadi merupakan yang terakhir.

Penanggung jawab timnas Indonesia Bernhard Limbong memastikan, PSSI ke depannya tak akan melakukan naturalisasi lagi. Terkait timnas yang meneruskan proses naturalisasi Raphael Maitimo, Limbong menyatakan pihaknya tak tahu bahwa proses itu masih bermasalah. 

"Kami menggunakan pemain yang dulu pernah dinaturalisasi. Kalau yang kurang satu itu, kami kecolongan," ucapnya.

Dia menyebutkan, nasionalisme pemain-pemain tersebut belum terbukti besar. Karena itu, dirinya ingin melihat seberapa jauh penampilan mereka di AFF 2012. 

"Sudah bukan rahasia bahwa mereka mengejar uang dan job. Tapi, kami lihat bagaimana pemain-pemain naturalisasi itu di AFF. Tanya uang saku terus atau tidak," kata jenderal bintang satu tersebut.

Timnas Indonesia sendiri mulai menjalani latihan perdana di lapangan Inspen Kuala Lumpur, kemarin (22/11). Namun, karena baru tiba, pelatih timnas Nilmaizar hanya memberi porsi latihan ringan.  

Dia mencoba memberikan menu yang tak terlampau berat, tetapi langsung fokus kepada masalah yang telah dievaluasi dari dua laga uji coba terakhir.

"Kami hanya latihan ringan. Tapi kami fokuskan untuk mengasah sentuhan bola anak-anak saja. Biar mereka rileks," ujar Nil, sapaan Nilmaizar melalui pesan singkat.

Selain mengasah passing, pemain juga diasah pergerakannya lewat game kecil antarpemain yang dibagi dalam beberapa kelompok. 

Timnas Indonesia juga memaksimalkan komunikasi. Nil melihat komunikasi adalah hal mendasar yang harus ditingkatkan agar pemain-pemain yang baru bergabung bisa cepat menyatu. (aam/bas)
Share on Google Plus

About 12paz