Share |

Indonesia vs Singapura : Pemain Naturalisasi Siapa yang tokcer ?

 
Laga Indonesia vs Singapura tak hanya menguras tenaga dan pikiran kedua pelatih yakni Nil Maizar dan Radojko Avramovic, tapi juga para pemain bule yang ada di dalamnya.
Singapura dan Indonesia diperkuat sejumlah pemain naturalisasi, juga keturunan. Indonesia punya Jhonny van Beukering, Raphael Maitimo, dan Tony Cussel. Ada juga si indo Irfan Bachdim.
Singapura juga punya pemain impor yang sudah menjadi warga negara yakni Daniel Bennett, Mustafic Fachrudin, dan Aleksandar Duric. Dua pemain asal China yakni Shi Jiayi dan Qui Li juga sudah dinaturalisasi.
Tiga pemain naturalisasi Indonesia baru kali ini membela timnas. Berasal dari Belanda, ketiganya belum mengenal betuk karakter dan pola permainan Indonesia. Maklum, Jhonny, Raphael, dan Tonnie baru bergabung dengan timnas lebih kurang sebulan sebelum Piala AFF 2012 digelar.
Beda dengan pemain impor Singapura yang sudah matang, baik di kompetisi maupun timnas.
Pada pertandingan pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (25/11), Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2 lawan Laos. Nil hanya menurunkan dua pemain naturalisasi, Raphael dan Tonnie. Jhonny duduk di bangku cadangan. Pemain bertubuh tambun tersebut kemungkinan besar akan diturunkan lawan Singapura. Harus diakui, kontribusi Raphael dan Tonnie pada laga perdana di Grup B kurang maksimal alias masih jauh dari harapan.
Singapura sendiri memulai langkahnya dengan apik. Tampil prima dan percaya diri, Singapura menggebuk tuan rumah Malaysia dengan skor telak 3-0. Pemain naturalisasi dipuji setinggi langit.
Pemain naturalisi Indonesia dan Singapura bakal bertarung di kandang “Harimau Malaya”, julukan timnas Malaysia. Ini adalah laga penentu, sekaligus pembuktian bagi tim “Merah Putih”. Dalam sejarah Piala AFF, Indonesia belum pernah menang lawan Singapura. Kemenangan juga menjaga peluang Indonesia ke babak semifinal.
Share on Google Plus

About 12paz