Share |

Persebaya DU berlatih, Persebaya IPL terusir dan Angkat kaki dari Tambaksari

Kehadiran Persebaya Divisi Utama (DU) mulai mengusik ketenangan Persebaya IPL. Terbukti, baru dua hari menggelar latihan Persebaya DU berhasil "mengusir" sementara Persebaya IPL dari Lapangan Gelora Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya.

Dalam latihan Kamis pagi (25/10), Persebaya IPL harus mengungsi ke Lapangan Universitas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sebab, lapangan Gelora 10 Nopember yang biasanya digunakan sebagai tempat latihan Andik Vermansyah dkk. ternyata sudah dikuasai Persebaya DU yang dipimpin pelatih asal Republik Ceko, Miroslav Janu.

Celakanya lagi, Persebaya IPL juga tidak bisa menggunakan Lapangan Karanggayam. Lapangan yang berada tepat di belakang Mess Persebaya dan Gelora 10 November itu kondisinya tidak layak pakai. "Lapangan di Gelora 10 Nopember kan dipakai seleksi Persebaya DU. Sedangkan Lapangan Persebaya keras sekali. " ujar Pelatih Persebaya Ibnu Grahan tutur pelatih Ibnu Grahan.

Kenapa Persebaya IPL yang mengalah? Meski tidak memberikan jawaban, namun hampir bisa dipastikan karena Persebaya Divisi Utama membayar biaya sewa sesuai standar harga yang ditentukan Dinas Pemuda dan Olahraga Surabaya sebagai pengelola Stadion Gelora 10 November.

Sedangkan Persebaya IPL, kabar yang berembus selama ini memakai Stadion Gelora 10 Nopember dengan menggunakan jaminan nama Ibnu Grahan yang juga berstatus sebagai pengawai Dispora Surabaya. Sedangkan manajemen Persebaya IPL tidak mengeluarkan biaya untuk keperluan sewa lapangan.

Sayangnya, Kepala Dispora Surabaya Sigit Sugiharsono belum bisa dikonfirmasi terkait kebenaran kabar tersebut karena masih menjalankan ibadah haji. Namun sebelumnya, Sigit sempat mengatakan tidak akan membeda-bedakan Persebaya IPL dan DU. "Kita sebagai pengelola stadion, mengakomodasi semua yang memakai stadion, asalkan sesuai dengan prosedur, " ucapnya.

Sementara itu, dalam latihan di Lapangan ITS, Kamis pagi (25/10), menu latihan masih berorientasi meningkatkan endurance pemain setelah hasil tes fisik pemain di Laboratorium Unesa tidak memuaskan. "Kita masih game endurance. Belum ada peningkatan ke kecepatan," sambung mantan gelandang Persebaya itu.

Yang berbeda, beberapa pemain Persebaya yang sempat absen karena membela Tim Nasional (Timnas) sudah terlihat kembali bergabung. Seperti Taufiq, Andik Vermansyah, Bima Ragil dan Danny Saputra. Hanya kiper Endra Pras yang belum tampak. "Endra belum bisa ikut latihan masih ada keperluan, sudah izin sama saya,'' jelas Ibnu.

Rencananya, Persebaya akan meliburkan latihan pemain, Jumat (26/10) hari ini. Latihan akan digelar kembali, Sabtu (27/10) besok. Jika tidak ada kendala, Persebaya akan kembali menggunakan Lapangan Karangayam setelah dilakukan pembasahan rumput untuk mengurangi risiko lapangan keras.

(aww)
Share on Google Plus

About 12paz