Share |

Lionel Djebi Zadi : Bahasa Indonesia Penting

PEMAIN Prancis yang mengikuti seleksi di Sriwijaya FC, Lionel Djebi Zadi mengakui sudah mengetahui beberapa kata dari bahasa Indonesia. Baginya tidak telalu sulit beradaptasi dan mengerti apa yang diucapkan rekan-rekannya di lapangan, meski ia baru saja tiba di Palembang, Indonesia 20 Oktober lalu.

"Ya saya kini sudah tahu beberapa kata, seperti 'terima kasih' dan 'sama-sama'. Bahkan saat saya bermain klub SC Paxerborn, Jerman, saya bisa mengerti bahasa Jerman dalam tiga bulan," katanya ketika diwawancarai di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Minggu (28/10/2012).

Dikatakannya, keinginan belajar Bahasa Indonesia cukup besar karena komunikasi adalah nomor satu yang harus di jalin dalam sebuah tim, agar bisa tampil kompak. Oleh karena itulah, ia tanpa sungkan-sungkan belajar bahasa Indonesia dengan rekan-rekannya di lapangan, terutama kepada pemain lokal. Sementara untuk pemain asing, yang dianggapnya bisa dijadikan tempat menimbah ilmu adalah Ali Khadafi yang dinilai sudah sangat mahir berbahasa Indonesia dengan baik.

"Saya belajar dari teman-teman di lapangan, tapi untuk pemain asing Ali Khadafi katanya lebih baik dibandingakn Jerry Boimah Karpeh dan Eric Weeks Lewis," kata sobat Thierry Gathuessi ini. Ditanya bagaimana persiapannya menghadapi Celebes Championship pada 3-4 November mendatang? Lionel akan memberikan penampilan terbaik dan berusaha membantu SFC memenangkan setiap laga. Ia menyakini persiapan yang dilakukannya dalam satu minggu terakhir sudah cukup baik dan tidak ada kendala. Ia optimis mampu menarik perhatian dari jajaran pelatih SFC agar merekrutnya musim depan.

"Saya masih belum tahu apakah diterima atau tidak. Semua keputusannya saya kembalikan kepada pelatih dan manajemen SFC. Sejauh ini saya tidak permasalahan apapun, apa yang pelatih instruksikan selalu saya jalankan," tandas mantan pemain Iverness CT Scolandia itu.(dar)
Share on Google Plus

About 12paz