Share |

Klub - klub Tanah Papua Bertarung dalam turnamen Papua Island Cup

Dua club asal Provinsi Papua yaitu  Persiwa-Wamena dan PSBS-Biak  dipastikan absen dalam kompetisi Papua Island Cup yang digelar di Manokwari mulai Sabtu (13/10).
Dengan absennya kedua club itu, maka  hanya 6 kesebelasan se-tanah Papua yang akan berkompetisi. Diantaranya  Persipura, Perseru, Persewon, Perseka, Persiram, dan Perseman.
 Ketua DPD KNPI Papua Barat Hermus Indou tim Persiwa dan PSBS Biak absen  karena kerangka tim belum terbentuk. “Ketidakikutsertaan kedua tim itu karena 
kerangka tim belum terbentuk sejak kompetisi ISL tahun lalu berakhir.
Mungkin tahun depan baru mereka akan berpartisipasi,”kata Hermus usai menyambut 6 tim kesebelasan di kantor Pemuda provinsi Papua Barat , Jumat (12/10).
 Hermus mengatakan  kompetisi Papua Island Cup murni inisiatif dari DPD KNPI Papua Barat. Kegiatan ini  yang terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat, Pengprov PSSI Papua Barat sebagai rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT Provinsi Papua Barat ke -13 tanggal 12 Oktober, dan Hari Sumpah Pemuda  28 Oktober.
“Dua hal yang menjadi substansi yakni pengembangan prestasi olah raga persepakboalaan, dan membangun komitmen seluruh stake holder yang ada di Provinsi Papua Barat dalam rangka memerangi HIVdan AIDS yang menjadi masalah krusial di Papua Barat,kata Hermus seraya menambahkan  kasus HIV dan AIDS sudah menembus angka 12 ribu.
Disisi lain, Hermus berharap, Papua Island Cup dapat meningkatkan prestasi olah raga di Papua Barat. Alasanya karena  saat ini  prestasi olah raga telah melorot jauh. Hal itu  terlihat dari hasil prestasi pada Pekan Olah raga Nasional (PON) XVIII Pekanbaru-Riau belum lama ini.
“Kompotesi  diharapkan dapat memulihkan kembali motivasi seluruh atlit Papua Barat. Tidak hanya dicabang olah raga sepakbola , tapi di semua cabang olah raga , sehingga pada iven-iven olah raga mendatang bisa menghasilkan prestasi yang lebih baik,”harapnya.
Sesuai catatan, prestasi Provinsi Papua Barat pada PON VXII Samarida Tahun 2008  cukup baik karena  provinsi Papua Barat  mampu menempati peringkat 17. Namun, pada PON ke XVIII Pekanbaru-Riau yang digelar sekitar sebulan lalu, Papua Barat hanya mampu berada di posisi 23 dengan medali emas, 3 buah, perak, 3 buah, dan 10 buah perunggu.
Share on Google Plus

About 12paz