Share |

Seluruh Klub ISL Setuju SP & Persijap Gabung , ISL jadi 20 Klub

DELAPAN belas klub ISL 2012/2013 menerima kembalinya Semen Padang dan Persijap Jepara. Kontestan ISL musim depan pun jadi 20 klub.

PT Liga Indonesia (LI) selaku operator kompetisi profesional sepakbola Indonesia gelar rapat dengan kontestan Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, Kamis (27/9) malam di Hotel Parklane, Jakarta.

Rapat yang dipimpin CEO PT LI Joko 'Jodri' Driyono dan dihadiri 18 klub ISL musim depan itu cukup menggemparkan. Pasalnya, hadir 2 klub Indonesia Premier League (IPL), SP dan Persijap. Maklum, rapat itu sebetulnya hanya diperuntukkan bagi klub-klub ISL.

Tapi, kekhawatiran situasi berubah jadi panas tak terjadi. Meski hadir 2 klub yang bukan undangan, rapat berjalan kondusif lantaran kehadiran SP dan Persijap direspon positif seluruh kontestan ISL. Mereka menyambut dengan tangan terbuka niat SP dan Persjiap kembali ke ISL.

"Seluruh kontestan lain ISL musim depan menerima dengan tangan terbuka. Tak 1 pun yang menolak. Jadi, SP dan Persijap boleh dibilang sudah jadi bagian dari ISL lagi," tegas Jodri.

Dengan bergabungnya SP dan Persijap, Jodri menyatakan kontestan ISL 2012/2013 kemungkinan jadi 20 klub. Meski begitu, Jodri berencana tetap memverifikasi 5 aspek yang harus dipenuhi klub profesional peserta ISL.

Lima aspek itu meliputi fasilitas, legalitas, manajemen, supporting, dan pembinaan usia muda. Jodri menegaskan proses verifikasi itu hanya diberlakukan bagi klub promosi dari Divisi Utama.

"Jika kondisi berjalan lancar dan klub pendatang baru lolos verifikasi, jumlah kontestan IISL musim depan jadi 20," tandas Jodri.

Jika ISL musim depan jadi 20 klub, tentu keputusan itu melangkahi aturan yang selama ini diusung bersama PSSI pimpinan La Nyalla Mattalitti. Format kompetisi diputuskan dalam Kongres 2011 di Bali.

Namun, Jodri membuat keputusan itu bukan tanpa alasan. Menurut Jodri, agar tidak melangkahi aturan, jadwal ISL 2012/2013 terpaksa diundur. Semula dijadwalkan start awal November 2012, tapi diundur ke Desember 2012, dan akhirnya ditetapkan 5 Januari 2013.
Jadwal itu pun masih bersifat tentatif. Realisasinya masih menunggu hasil Kongres PSSI yang dijadwalkan Joint Committee (JC) PSSI berlangsung pada medio November 2012.

"Semua harus tetap berpegang pada aturan, prosedur, dan mekanisme. Untuk itu, ISL 2012/2013 kami undur. Jika Kongres PSSI digelar November 2012, kickoff ISL 2012/2013 dimulai 12 Desember 2012. Jika Kongres PSSI baru digelar Desember 2012, ISL musim depan dimulai 5 Januari 2013," papar Jodri.
Itu karena Kongres PSSI akan membahas dan memutuskan penyelesaian atas problem kusut yang menjerat sepakbola Indonesia, termasuk dualisme liga degan membuat liga baru.

Di sisi lain, Komisaris SP Benaz Azhari jelaskan latar belakang sikap SP kembali ke ISL. "Suporter minta SP kembali main di ISL. Itu jadi dasar utama kami balik ke ISL dan manajemen sepakat," tegas Benaz.
ksb/01
Share on Google Plus

About 12paz