Share |

Ferdinand Sinaga Mundur Dari Pelatnas Timnas Djohar


Timnas Indonesia tak lagi utuh. Setelah ditinggal lima pemain yang tampil di Indonesian Super League (ISL), kali ini Ferdinand Alfred Sinaga yang meminta izin keluar dari proses pelatnas.

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin membentuk timnas yang disiapkan menghadapi Piala AFF 2012 di Kuala Lumpur,Malaysia,25 November mendatang. Pelatnas digelar di Lapangan PSAU Halim Perdanakusuma, Jakarta.Di bawah arahan Nil Maizar,penggemblengan dibagi tiga tahap.Tahap pertama pada 31 Juli hingga 15 Agustus,tahap kedua,25 Agustus hingga 30 September,dan tahap akhir 7 Oktober hingga jelang terbang ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Awalnya Nil memanggil 23 pemain,yang diambil dari pemain yang tampil di ISL dan Indonesian Premier League.Dalam perjalanannya,Bima Sakti dan Ricardo Salampessy mundur. Bima gantung sepatu, sedangkan Ricardo tak memenuhi panggilan. Keduanya digantikan gelandang Persebaya Surabaya Taufiq dan striker Persema Malang Irfan Bachdim.

Namun,ancaman sanksi dari klub ISL yang pemainnya ambil bagian di timnas memaksa lima pemain hengkang, yakni Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar),dan trio Sriwijaya FC (SFC) Ponaryo Astaman,Firman Utina,dan M Ridwan. Bahkan, Ponaryo,Firman,dan M Ridwan sudah dijatuhi sanksi oleh manajemen SFC setelah ambil bagian pada laga persahabatan kontra Valencia di Stadion Utama Gelora Bung Karno,Sabtu (4/7).

Ketiga pemain itu mendapat SP3 dan pemotongan gaji satu bulan.ISL merupakan kompetisi binaan PSSI pimpinan La Nyalla M Mattalitti yang berseberangan dengan PSSI versi Djohar Arifin Husin. Pelatih Nil membenarkan Ferdinand keluar dari pelatnas. Mantan pelatih Semen Padang itu menyatakan Ferdinand meninggalkan masa-masa persiapan timnas karena ada urusan keluarga yang mendesak.

Pencetak gol terbanyak IPL musim lalu dengan koleksi 16 gol itu ingin menengok anaknya yang sedang sakit. “Benar,Minggu (12/8),Ferdinand izin pulang karena anaknya sakit keras. Ini hal mendesak dan kami juga tidak mau membuat dirinya tidak fokus jika terus berada di pelatnas,”ungkap Nil,kemarin. Soal kelima pemain ISL yang memutuskan mundur dari pelatnas,Nil tidak bisa memberikan jaminan apakah pemain tersebut akan kembali atau tidak,hal berbeda disampaikannya ketika Ferdinand memutuskan keluar dari pelatnas.

Pelatih berusia 42 tahun itu menegaskan Ferdinand dipastikan kembali. “Kami sudah berbicara dengan Ferdinand. Dia berjanji pada tanggal 25 Agustus nanti akan kembali lagi dalam pemusatan latihan bersama-sama dengan kami,”papar pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat, tersebut.

Sementara Abdulrahman,bek Semen Padang yang juga dipanggil timnas,tidak mau berspekulasi soal absennya Ferdinand dalam masa-masa persiapan tim Merah Putih. Pemain yang dekat dengan Ferdinand itu tidak mau menjawab lebih jauh keluarnya Ferdinand karena pemain tersebut didekati salah satu klub ISL Persisam Putra Samarinda.

“Kalau soal itu,saya sama sekali tidak tahu.Yang saya tahu Ferdinand pulang karena ingin melihat anaknya yang sakit.Apakah banyaknya pemain yang keluar dari masamasa pelatnas mengganggu pemain-pemain yang lain,saya rasa tidak,”ujar Abdulrahman. (decky irawan jasri)

Share on Google Plus

About 12paz