Share |

9 Maret, Undian Putaran Keempat PPD 2014 Zona Asia


Sebanyak 10 kontestan putaran keempat kualifikasi PPD 2014 zona Asia akan ditentukan nasibnya demi mendapatkan 4 tiket awal menuju Brazil.

Undian putaran keempat Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 zona Asia, akan digelar pada 9 Maret 2012 mendatang, di markas Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), di Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti diketahui, sebanyak 10 tim kini sudah memastikan diri lolos dari putaran ketiga PPD 2014 zona Asia. Masing-masing yaitu Irak dan Jordania (dari Grup A), Korea Selatan dan Lebanon (Grup B), Uzbekistan dan Jepang (Grup C), Australia dan Oman (Grup D), serta Iran dan Qatar (Grup E).

Berdasarkan siaran pers dari AFC yang diterima hari ini, disebutkan bahwa undian putaran keempat ini akan berlangsung di markas AFC, pada Jumat mendatang (9/3). Undian akan dimulai sekitar pukul 16.00 waktu setempat, yang akan dihadiri oleh perwakilan semua tim negara peserta.

Perwakilan tim peserta yang disebut bakal hadir itu antara lain adalah Gary Moretti (manajer Australia), Paul Le Guen (pelatih Oman), Carlos Queiroz (pelatih Iran), serta Zico (pelatih Irak). Juga bakal hadir Adnan Hamad (pelatih Yordania), Choi Kang Hee (pelatih Korsel), Hiromi Hara (direktur teknik Jepang), Shuhrat Maksudov (asisten pelatih Uzbekistan), Fahad Abdulla Al Zarraa (asisten pelatih Qatar), serta Johannes Theodor Bucker (pelatih Lebanon). Legenda sepak bola Asia, Mehdi Mahdavikia dari Iran, serta Tsuneyasu Miyamoto dari Jepang, juga disebut akan menghadiri acara itu.

Untuk diketahui, putaran keempat sendiri merupakan putaran kualifikasi yang bakal meloloskan secara otomatis 4 wakil Asia ke Piala Dunia 2014 di Brazil. Ke-10 kontestan akan dibagi ke dalam dua grup, masing-masing dengan 5 negara, yang akan memainkan laga home and away, dengan dua terbaik di masing-masing grup nantinya langsung lolos ke Brazil.

Sebagai tambahan, nantinya peringkat ke-3 dari masing-masing grup masih akan saling berlaga di kualifikasi putaran ke-5 (juga home and away), untuk mendapatkan tim peserta play-off melawan tim kelima dari zona Amerika Selatan. Play-off sendiri pun akan berlangsung secara home and away, sebelum akhirnya dipastikan tim mana yang ikut maju ke PD 2014 Brazil.

Akan halnya pelaksanaan putaran keempat kualifikasi zona Asia itu sendiri, sebagaimana dicantumkan di situs FIFA, berkemungkinan digelar antara 3 Juni 2012 dan 18 Juni 2013. Indonesia sendiri, seperti diketahui, bukan saja gagal lolos ke putaran ke-4, namun juga di putaran ketiga hanya mampu menjadi juru kunci Grup E, dengan hasil 0 poin dari 6 pertandingan, dan catatan gol 3 (memasukkan) berbanding 26 (kemasukan).
Share on Google Plus

About 12paz