NEXT MATCH

schedule|under construction |

Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia akan memantapkan strategi sekaligus mental saat meladeni skuad muda Timor Leste, sore ini. Laga pemanasan menuju SEA Games 2011 ini akan dimaksimalkan Pelatih Rahmad ’RD’ Darmawan karena disebut sang arsitek uji coba komplet.

Menurut RD,uji coba kali ini cukup komplet untuk melihat seberapa jauh performa Yongki Aribowo dkk.Lantas,kenapa disebutnya komplet? Sebab laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini tak hanya mendapat lawan sebuah timnas,tapi juga boleh disaksikan penonton.

Eks pelatih Persija Jakarta ini memang ingin laga pemanasan skuad muda Merah Putih disaksikan penonton.Sebab,adanya atmosfer pertandingan seperti ini,kata RD, makin menguji mental pemain timnas U-23 saat harus menjalankan strategi pelatih plus mendapat tekanan penonton. Pada perjuangan timnas U-23 di SEA Games yang akan berlangsung tiga pekan lagi,tentu atmosfer penonton tinggi.

Apalagi skuad muda Merah Putih jadi harapan para pencinta sepak bola agar mampu mempersembahkan emas yang sudah sejak 1991 tak lagi direbut Indonesia. ”Dua uji coba terakhir kami butuhkan untuk pemantapan semua aspek yang dibutuhkan dalam SEA Games nanti.Aspek itu baik teknik,taktik,spesifik taktik maupun mental pemain harus sudah dipersiapkan di situ.

Saya ingin ada satu gambaran dari pemain secara utuh,”ungkap RD di Kantor PSSI, Jakarta,kemarin. Meski kekuatan Timor Leste kurang diketahui RD,status negara itu yang juga kontestan SEA Games 2011 membuat laga ini menjadi penting.RD pun bisa mengukur minimal kekuatan timnya sekaligus kualitas calon peserta ajang multieventdua tahunan ini.

”Pertandingan ini menjadi uji coba yang komplet buat kami.Sebab,kami menghadapi salah satu peserta yang akan bermain di SEA Games.Kami juga bermain di SUGBK dan bermain di depan penonton sehingga bisa mendapatkan atmosfer pertandingan yang selalu saya bilang sangat dibutuhkan timnas U-23,”tuturnya.

Komentar RD juga sama yang diungkapkan salah satu pengisi lini depan timnas U-23 Ferdinand Alfred Sinaga.Juru gedor yang juga anggota timnas senior ini mengatakan, atmosfer penonton sangat penting bagi mereka.Menurut dia,tekanan penonton akan menjadi ujian mental tarung mereka.

”Dari segi pemain,tentu kami sangat berharap jika saat uji coba dengan Timor Leste penonton bisa memenuhi stadion. Jadi,kami bisa merasakan atmosfer saat SEA Games nanti.Sebenarnya tidak ada yang grogi,kami hanya ingin merasakan halhal yang nantinya akan ada di SEA Games,” kata pemain yang musim depan akan membela Semen Padang.

Untuk komposisi pemain,RD pada uji coba ini berencana memberikan porsi lebih kepada dua pemain yang baru bergabung, Jericho Cristiantoko dan Syamsir Alam. Semua ini dilakukan untuk melihat seperti apa kualitas kedua pemain ini.

”Untuk kedua pemain, kami akan berikan menit yang lebih lama mereka bermain.Selain di awal mereka masih beradaptasi,uji coba nanti sekaligus menunjukkan bagaimana permainan mereka dari hari ke hari harus lebih baik. Karena saya rasa,proses aklimatisasi mereka juga sudah dilakukan dalam waktu lima hari,”ungkap RD.

Sementara dari Timor Leste,Asisten Pelatih Alex Fong menilai uji coba ini sangat penting bagi timnas U-23 mereka.Sebab, mereka akan menghadapi salah satu kekuatan sepak bola di Asia Tenggara.Uji coba kontra skuad muda Merah Putih untuk mengukur calon lawan Timor Leste di Grup B,seperti Vietnam,Filipina,Brunei Darussalam, Laos, dan Myanmar.

”Uji coba ini yang keempat bagi kami. Tentu kami sangat respek karena Indonesia menjadi salah satu kekuatan sepak bola di Asia Tenggara.Semoga hasil ini akan membantu perjalanan kami bertarung di Grup B,”sebutnya. (decky irawan jasri/sindo)

Berita Terkait



OFFICIAL PARTNER

FACEBOOK

KLASEMEN LIGA SUPER

http://www.mitrakukar.com/grafis/klasemensementara.jpg





  P Ma M I K







1 Persebaya 36 17 12 3 2







2 Mitra Kukar 33 17 10 3 4







3 Persipura 32 16 8 8 0







4 Persela 25 18 7 4 7







5 Persiram 23 19 6 5 8







6 Persepam Madura United 22 16 6 4 6







7 PSM Makassar 22 17 6 4 7







8 Persiba Balikpapan 22 18 6 4 8







9 Putra Samarinda 21 16 5 6 5







10 Perseru Serui 16 17 4 4 9







11 Persiba Bantul 6 19 1 3 15







eXTReMe Tracker

Berita Terkini

Google Yahoo Msn