Share |

PSSI: Klub LPI Jangan Ngotot Ikut Kompetisi


Sekretaris jenderal PSSI Tri Goestoro meminta klub-klub Liga Primer Indonesia (LPI) untuk tidak terlalu memaksakan diri untuk masuk ke kompetisi musim depan.

Lahirnya LPI, yang awalnya berdiri tanpa persetujuan PSSI, memunculkan masalah tersendiri bagi PSSI karena otoritas sepak bola nasional itu akhirnya dipaksa untuk mengakomodir klub-klub yang telah terbentuk, agar tidak bubar ditengah jalan.

“Sudah ada MoU (perrjanjian) antara PSSI dan FIFA untuk merangkul LPI. Jadi kita tidak bisa menelantarkan klub-klub ini,” demikian menurut ketua komite konpetisi PSSI Sihar Sitorus beberapa waktu lalu.

Solusi yang diambil PSSI adalah menciptakan sistem kompetisi baru. Namun Tri menegaskan bahwa kompetisi tersebut bukan merupakan peleburan antara LPI dan Liga Super Indonesia (ISL).

“Yang dilebur adalah klub-klubnya. Tetapi tidak bisa langsung disatukan, pasti akan ada prosesnya dulu,” ujar Tri di kantor PSSI, Jakarta, Jumat (12/8/11). “Tidak bisa dipaksakan harus disatukan. Jika memang nanti tidak ada titik temu, tidak bisa dipaksakan.”

Peleburan yang disarankan PSSI adalah merger antara klub LPI dengan klub-klub dari ISL. Namun hal tersebut juga tidak perlu dipaksakan.

“Jika klub LPI tidak menemukan temen merger. Menurut saya tidak harus pusing dengan status. Mungkin dia bisa melakukan hal-hal lain yang masih berkaitan dengan dunia sepak bola,” saran Tri.

Share on Google Plus

About 12paz