Share |

PSSI Stop Naturalisasi Pemain


Pengurus baru PSSI periode 2011-2015 lebih memfokuskan pengembangan bank pemain daripada melanjutkan program naturalisasi.

Pengurus lama di bawah ketua umum Nurdin Halid mengembangkan program naturalisasi untuk meningkatkan kualitas timnas Indonesia. Hingga kini, ada Kim Kurniawan yang resmi menjadi WNI.

Sementara tiga lainnya, Joey Suk, Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran disebutkan telah rampung masalah administrasinya.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Toni Aprilani menjelaskan bahwa pemain-pemain asal Belanda itu masih tetap memiliki peluang memperkuat skuad Merah Putih di masa mendatang.

“Ya, kalau memang pantas tentu mereka akan mendapat peluang untuk memperkuat timnas Indonesia,” ujarnya di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/11).

Sementara itu, masih ada beberapa lagi pemain yang masuk dalam daftar tunggu program naturalisasi. Mereka adalah Sergio van Dijk (Belanda/Adelaide United) , John van Beukering (Belanda/eks Feyenoord), Stefano Lilipaly (Belanda/FC Utrecht), Victor Igbonefo (Nigeria/Persipura), Greg Nwokolo (Nigeria/Persija) dan Tonny Cussel (Belanda).

Pengurus baru berjanji akan menuntaskan hal tersebut sebagai bagian dari transisi kepengurusan lama ke kepengurusan baru, namun akan menghentikan program naturalisasi jika semuanya telah rampung.

Setelah itu, PSSI akan berfokus pada pengembangan pemain-pemain muda secara reguler sebagai pemasok pemain berkualitas untuk timnas senior.

“Kalau kita sudah punya bank pemain, untuk apa lagi (program naturalisasi diteruskan)?” pungkasnya.

Sebelumnya, ketua umum PSSI Johar Arifin mengumumkan rencana pembentukan tujuh kelompok umur timnas Indonesia, mulai dari U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, U-21, U-22, U-23.

Hal ini akan dibarengi pembentukan kompetisi usia muda dengan tujuh kelompok umur yang sama. [but]
Share on Google Plus

About 12paz