Share |

Foppe: Ada Pemain 'Titipan' di Timnas Indonesia


Penunjukan Wim Rijsbergen secara mendadak oleh PSSI jelang kualifikasi Piala Dunia 2014 ternyata turut mengundang perhatian Foppe de Haan.

De Haan pernah pula menangani timnas Indonesia, meski di level U-23, untuk Asian Games 2006. Pengalaman tersebut membuatnya mewanti-wanti agar Rijsbergen menjauhi kepentingan politik dalam pekerjaan.

"Di sana, ada kalangan yang mempertaruhkan prestise di timnas. Meski timnya lemah, mereka tidak mau tahu. Yang penting hasilnya harus bagus," ujar De Haan kepada RNW. "Kalau tim gagal, yang lebih mudah disalahkan adalah pelatih supaya dia sendiri terhindar."

De Haan mengatakan sewaktu menangani Indonesia U-23, dirinya tidak bisa memanggil pemain sesuai strategi yang akan diterapkan. Bahkan, pelatih yang pernah dua kali membawa Belanda menjuarai Euro U-21 ini menduga adanya pemain titipan dalam timnas.

"Kemungkinan ada pengaruh kolusi atau nepotisme. Sebab, belakangan kami dengar ada pemain-pemain lebih bagus yang tidak terseleksi," sambungnya.

Indonesia akan bertandang ke markas Turkmenistan pada Sabtu (23/7) nanti. Skuad Garuda akan ganti menjamu Turkmenistan di Senayan pekan depan.
Share on Google Plus

About 12paz