Share |

Sriwijaya FC Pilih Klub Singapura


Rencana uji coba Sriwijaya FC (SFC) untuk mengisi jeda dua bulan dengan klub luar negeri makin terbuka. Klub asal Singapura kemungkinan besar menjadi pilihannya.


Manajemen SFC sudah mendapatkan waktu yang pas untuk melakoni agenda ini. Sesuai rencana, skuad Laskar Wong Kito akan melawan tiga klub kontestan S-League atau Liga Singapura pada kisaran waktu 8–19 Desember mendatang. Demi memuluskan rencana tersebut, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) telah melayangkan surat permohonan untuk try out kepada FAS,Federasi Sepak Bola Singapura. ’’Surat permohonan uji coba sudah kami kirimkan ke PSSI. Selanjutnya, PSSI akan menghubungi Federasi Sepak Bola Singapura untuk menjadwalkan laga uji coba tersebut,” kata Sekretaris Perusahaan PT SOM Faisal Mursyid kemarin. Namun, manajemen SFC belum bisa memastikan klub mana yang akan menjadi lawan tandang Ponaryo Astaman dkk.

Klub yang menjadi lawan tanding Laskar Wong Kito tergantung negosiasi dengan FAS. Namun, SFC berharap mendapat lawan dari klub papan atas SLeague, seperti Singapore Armed Forces FC (SAFFC) dan Gombak United.’’Dalam surat yang kami kirimkan sangat jelas, SFC minta lawan tanding dari klub Liga Singapura, bukan klub dari divisi yang lain,’’ ujarnya. Pada pertandingan uji coba ini, SFC tidak akan diperkuat sejumlah pemain utama karena membela timnas Indonesia. Laskar Wong Kito tidak akan diperkuat lima pemainnya, yakni kiper Ferry Rotinsulu,M Ridwan, Firman Utina, Arif Suyono, dan Oktovianus Maniani.

’’Kenapa kami memilih Singapura, karena level klub negara itu hampir sama seperti klub Indonesia. Selain itu, kompetisi di Singapura memasuki masa libur sehingga kondisi ini kami manfaatkan untuk uji coba,”tutur Faisal. Direktur Teknis dan SDM PT SOM Hendri Zainuddin menambahkan, dalam waktu dekat manajemen SFC akan memberangkatkan satu utusan ke Singapura.Utusan ini akan berkoordinasi dengan FAS terkait jadwal pertandingan plus akomodasi dan transportasi. ”Sekarang kami tengah menghitung biaya transportasi tim. Jika terlalu mahal, kemungkinan kami akan melakukan uji coba lokal saja, seperti menghadapi Persija Jakarta,”tutur Hendri.

Sementara itu, manajemen SFC sedang melengkapi berkas administrasi klub untuk keperluan laga kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2011. Otoritas sepak bola tertinggi Asia,AFC,telah melayangkan surat verifikasi ke SFC. Mereka ingin Laskar Wong Kito melengkapi semua yang terkait dalam keikutsertaan LCA. SFC bakal melakoni play-off kompetisi antarklub level atas Benua Kuning tahun depan.

Surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal AFC Alex Soosay tersebut berisi syarat-syarat yang harus dilampirkan adalah kondisi terakhir klub. Hal itu meliputi daftar pemain, kondisi keuangan klub, serta surat pendaftaran dari Kementerian Hukum dan HAM.
Share on Google Plus

About 12paz