Share |

Singapura Tarik Diri dari Liga Champions Asia


Asosiasi Sepakbola Singapura (FAS) menarik aplikasinya untuk berpartisipasi langsung di Liga Champions Asia 2011/2012.

Ketua FAS Zainudin Nordin, dalam suratnya ke Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) Mohamed Bin Hamam, menjelaskan, Singapura akan mengikuti Liga Champions Asia pada kompetisi berikutnya.

FAS, masih menurut Nordin, sulit memenuhi salah satu kriteria untuk masuk ke Liga Champions Asia 2011/2012, yakni tanpa pemain asing. Sebab liga utama Singapura masih mengikutsertakan tim asing.

"Ada kebutuhan mendesak bagi Liga Utama Singapura untuk tetap menggunakan tim asing, agar mengatasi gap kualitas permainan," tulis Nordin dalam suratnya, yang ditulis Goal.

"Kehadiran tim-tim asing juga berpengaruh bagi komersialisasi sepakbola dan finansial," lanjut Nordin.

Ia juga mengatakan kurangnya bakat dan sumber daya manusia juga menjadi alasan keputusan ini. Tim-tim asing terbukti meningkatkan gairah sepakbola Singapura, dan menjadikan liga lebih kompetitif.

"Tim-tim lokal Singapura bisa belajar banyak mengenai gaya bermain dari tim-tim asing," katanya lagi.

Sebagai konsekuensi keputusan ini, Misi Khusus AFC -- yang dijadwalkan akan melakukan inspeksi ke fasilitas sepakbola Singapura 12 sampai 17 Oktober -- menunda kunjungannya.

Singapura juga akan menggelar workshop yang diikuti semua klub di Liga Utama Singapura. FAS dan pejabat pemerintahan akan ikut serta dalam workshop yang belum diketahui kapan akan diselenggarakan. (umi) • VIVAnews
Share on Google Plus

About 12paz