Share |

Wolfgang: Latihan Fisik bagi Pemain yang Tak Puasa


Pemusatan latihan timnas Indonesia akan dimulai hari ini.Timnas berencana memberikan porsi latihan lebih kepada beberapa pemain yang tidak menjalankan ibadah puasa.

Mereka harus menjalani menu tambahan tersebut tiga kali sepekan. Timnas memasuki training camp (TC) tahap kedua sejak Senin (16/8).Sehari menjelang TC, 26 pemain diharapkan sudah datang. Sampai pukul 18.00 WIB kemarin, baru Ferry Rotinsulu,M Ridwan, Rachmat Latief,Yongki Aribowo, Jaya Teguh Angga,Ahmad Bustomi, Benny Wahyudi, dan M Isnaini yang sudah hadir.

Badan Tim Nasional (BTN) mengharapkan komposisi amunisi lengkap pada hari ini karena pelatih akan melakukan pertemuan. Untuk agenda latihan,baru digelar pada malam hari. Asisten Pelatih Timnas Indonesia Wolfgang Pikal mengungkapkan, modifikasi program latihan akan dilakukan demi mengoptimalkan fisik pemain. Jadi, berbagai rencana sudah disusun Pelatih Alfred Riedl.

”Beberapa pemain masih dalam perjalanan. Besok siang (hari ini) mungkin sudah lengkap, karena ada rapat internal tim. Minggu ini kami mungkin masih fokus pada fisik pemain,karena kondisi mereka tidak sama. Kami mendapat tambahan 15 nama dari Piala Indonesia. Kami juga sudah siapkan agenda, terutama bagi mereka yang tidak puasa,” kata Wolfgang kemarin.

Sedikitnya, ada tujuh nama dari 26 pemain yang diperkirakan tidak berpuasa.Mereka adalah Ricardo Salampessy, Boaz Solossa, Imanuel Wanggai,Yesaya Desnam, Ian Louis Kabes,Nova Arianto,dan Donny F Siregar.Wolfgang menambahkan, Ricardo dkk nanti akan menjalani tambahan latihan fisik tiga kali sepekan. ”Mereka akan menjalani latihan pagi tiga kali sepekan.Fokusnya tetap fisik.

Ini bukan hukuman atau apa, tapi sebagai upaya memanfaatkan kondisi yang ada. Kami secara umum menurunkan porsi latihan pemain karena mereka berpuasa,”lanjutnya. Pada akhir pekan pertama TC tahap kedua, timnas berencana melakukan medical check up.Namun, dua hari sebelumnya kondisi VO2Max pemain akan dilihat melalui bleeptest. ”Kami ingin mengetahui kondisi fisik pemain secara pasti.

Besok (hari ini),kami juga akan konsultasi dengan dokter tim terkait potensi cedera pemain. Kami mencemaskan kondisi beberapa nama.Tapi, pada prinsipnya semua pemain harus datang dulu besok (hari ini).Kalau cedera, kami sudah siapkan treatment khusus,”tutur Wolfgang. Kondisi pemain yang mengkhawatirkan adalah Arif Suyono.Arif memiliki sejarah cedera hamstring kambuhan.

Saat ini baru kondisi Wanggai yang positif dinyatakan cedera seusai memperkuat Persipura Jayapura di Piala Indonesia. Pada TC tahap pertama lalu, Edy Gunawan dan Ahmad Sembiring diistirahatkan lantaran cedera. ”Kondisi Wanggai positif cedera. Kami tinggal menunggu konfirmasi kondisi Arif. Kalau yang lain, sudah clear.Mereka dalam kondisi bagus,”ujarnya.

BTN memperkirakan TC tahap kedua menghabiskan anggaran sekitar Rp1 miliar dengan akhir pada Selasa (7/9).Dana tersebut digunakan untuk membiayai akomodasi pemain, transportasi, juga uang saku sebesar Rp500.000 sehari. ”Untuk TC kali ini diperkirakan menghabiskan anggaran Rp1 miliar. Saat ini timnas sudah mendapatkan subsidi negara Rp10 miliar. Uang tersebut dipegang PSSI.Anggaran terbesar dibutuhkan saat TC permanen 2,5 bulan menjelang Piala AFF,” tandas Ketua BTN Iman Arif. (wahyu argia)
Share on Google Plus

About 12paz