Share |

Berikan Surat Komitmen Perbaikan


Sebanyak 14 klub telah menetap di Indonesia Super League (ISL). Namun, stadion yang menjadi infrastruktur utama beberapa klub belum sempurna. Hal itu tampak pada PSM Makassar dan Persiba Balikpapan yang mendapatkan jatah verifikasi pertama kemarin (24/8). Dua tim itu diwajibkan memberikan surat komitmen perbaikan stadion. Persoalan krusial PSM adalah pemeliharaan stadion.

"Bukannya tambah baik, malah banyak kerusakan kali ini. Stadion Andi Mattalatta ini mati suri jika sedang tidak ada kompetisi," jelas Lano Mahardika, manajer lisensi PT Liga Indonesia (PT LI) yang bertugas memverifikasi PSM.

Tak mengherankan jika rumput sekitar lapangan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, tumbuh subur. Banyak bangku pemain yang copot. Selain itu, lampu stadion masih sama dengan musim lalu. "Ruang-ruang pendukung pun belum dibenahi," ucap Lano.

Kondisi serupa terjadi di Stadion Persiba, kandang Persiba Balikpapan. Rumput lapangan di stadion tersebut harus segera dibenahi agar layak digunakan di ISL. Selain lapangan yang keras dan kering, rumput Stadion Persiba tidak memenuhi standar drainase sehingga air bisa menggenang jika terjadi hujan.

Stadion Persiba pun tidak bisa memberikan kemudahan akses bagi media. Sebab, lokasi tribun terlalu jauh dari ruang konferensi pers. Persiba juga harus segera menyediakan genset untuk lampu penerangan. Selama ini, Stadion Persiba mengandalkan penerangan dari listrik PLN. Pengadaan genjet tersebut diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya kegagalan penerangan karena terputusnya aliran listrik PLN.

"Pertandingan di ISL akan disiarkan secara langsung. Kalau mendadak mati lampu dan tidak ada cadangan, kan bisa berabe," ujar Budi Setiawan, administrator high performance group PT Liga Indonesia.

Soal lampu, PT LI akan mengukur kekuatan lampu di Stadion Persiba beberapa hari mendatang. Namun, mereka akan memberikan toleransi jika Stadion Persiba tak memenuhi standar penerangan yang ditetapkan, yaitu lampu berkekuatan 800 lux. Budi menambahkan, infratruktur lain seperti ruang ganti pemain dan tribun penonton dianggap sudah memadai. Stadion Persiba yang berkapasitas 15.000 penonton telah direnovasi menjelang pelaksanaan ISL musim lalu. [vem/diq/jawapos]
Share on Google Plus

About 12paz