Share |

Waspadai Sektor Tengah , Inilah Head to Head Indonesia vs Saudi Arab

Saudi Arabia unggul mutlak atas Indonesia, dalam sejarah pertemuan antara kedua tim pada dua dasawarsa terakhir. Namun, bila melihat pada lima pertemuan terakhir, timnas Indonesia selalu bisa memperbaiki margin skor melawan tim berjuluk The Green Falcon tersebut.
Dalam masa persiapan yang singkat, pelatih Rahmad Darmawan, dibantu asisten pelatih, Jacksen Tiago dan Yeyen Tumena, mencoba untuk memaksimalkan potensi Firman Utina dkk. Pada beberapa sesi latihan sebelumnya, koordinasi antar lini jadi fokus perhatian, hingga meminta para pemain timnas menampilkan permainan cepat dan determinasi tinggi.
Selain fokus mempersiapkan timnya, Rahmad Darmawan pun coba menganalisa kekuatan lawan. Bermodalkan rekaman video Saudi Arabia, Rahmad dan para asistennya mempelajari permainan tim yang pertama kali masuk Piala Dunia pada tahun 1994 tersebut.
“Bekal kita adalah video penampilan Arab saat uji coba lawan Malaysia, kualifikasi Grup C lawan Cina hingga laga mereka saat tampil di Gulf Cup. Rekaman ini sangat membantu kita untuk mengukur kekuatan mereka,” ungkap Yeyen Tumena Kamis (21/3).
Dari hasil analisa via rekaman video, Rahmad dan asistennya menilai tim Saudi Arabia punya lini tengah yang sangat kuat.  Skuad asuhan mantan pelatih Real Madrid, Lopez Caro itu, juga sangat cepat dalam menyerang, ditambah dukungan dari lini belakang yang sering melakukan overlapping.
“Kekuatan utama mereka ada di lini tengah, dengan kemampuan para gelandangnya dalam menusuk pertahanan. Variasi serangannya banyak, terkadang pemain belakangnya juga ikut bantu menyerang,” papar Rahmad.
Melihat kunci permainan lawannya, Rahmad Darmawan pun meminta anak asuhnya untuk bermain disiplin dalam melakukan penjagaan terhadap lawan. Para pemain timnas juga diharapkan memiliki mental baja dan selalu siap bertarung di lapangan.
Head to Head
17 Oktober 2011         Indonesia     0-0   Saudi Arabia
14 Juli 2007                Indonesia     1-2   Saudi Arabia
12 Oktober 2004         Indonesia     1-3   Saudi Arabia
18 Februari 2004         Saudi Arabia  3-0  Indonesia
17 Oktober 2003         Saudi Arabia  6-0  Indonesia
10 Oktober 2003         Saudi Arabia  5-0  Indonesia
12 Maret 1997            Saudi Arabia  1-1  Indonesia
9 Maret 1997              Saudi Arabia  4-0  Indonesia
29 November 1997      Saudi Arabia  4-1  Indonesia
1983                          Saudi Arabia  3-0 Indonesia
1983                          Indonesia     1-1  Saudi Arabia
Share on Google Plus

About 12paz