Share |

PSIS main di Divisi Utama PT Liga , Stadion langsung banjir Penonton

STADION Jatidiri membeludak. Jumlah penonton laga PSIS Semarang luar biasa meski belum lampaui rekor 2005.

Laga pembuka Divisi Utama (DU) 2012/2013 yang dimainkan PSIS dan PSCS Cilacap di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (27/1), sangat semarak. Bukan cuma karena permainan ke-2 tim di atas lapangan, tapi juga lantaran antusiasme suporter PSIS Panser Biru dan Snex yang memadati stadion berkapasiitas 21.000 tempat duduk itu.

Stadion Jatidiri, bahkan, sampai tak mampu menampung seluruh personel Panser Biru dan Snex. Kuota 15.000 lembar tiket yang dijual panpel PSIS ludes terjual dan jumlah penonton melebihi kapasitas stadion.

"Terus terang, kami terkejut melihat antusiasme Panser Biru dan Snex. Kami tak menyangka jumlah mereka bakal sebanyak itu," tegas Iwan Anggora, wakil ketua panpel PSIS.

Dibilang tak menyangka karena pihak panpel memperhitungkan laga itu ditayangkan live di antv. Menurut Iwan, dengan tayangan live di teve, paling banyak penonton yang hadir di stadion diestimasikan 10.000. Ternyata, massa yang hadir langsing ke stadion jauh di atas itu.

Jumlah orang yang menyaksikan langsung laga PSIS kontra PSCS di Stadion Jatidiri disebut GM PSIS Ferdinand Hindiarto memecahkan rekor jumlah penonton laga PSIS selama ini. Menurut perkiraan Ferdinand, lebih dari 21.000 suporter PSIS hadir di stadion pada laga yang dihelat Minggu (27/1) itu.

"Malah masih banyak orang yang tidak bisa masuk karena kapasitas stadion sudah penuh. Karena itu, pada pertengahan babak II kami gratiskan mereka masuk stadion. Jelas, jumlah itu jadi rekor. Padahal, PSIS hanya tampil di level DU," tukas Ferdinand.

"Tapi, jumlah itu masih kalah banyak dibandingkan ketika kami tampil di Liga Indonesia pada 2005. Saat itu, PSIS menjamu Persipura Jayapura. Penonton membeludak sampai ke pinggir lapangan. Diperkirakan 25.000 orang menjejali stadion saat itu," papar Ferdinand.

Berkaca dari pengalaman itu, Ferdinand berencana menambah kuota tiket yang dijual saat PSIS tampil sebagai tuan rumah. Meski begitu, Ferdinand berjanji tidak menaikkan harga tiket.

"Tentu akan kami evaluasi. Mungkin kami tambah jumlah tiket yang kami jual. Tapi, harga tidak perlu naik meski harga tiket pertandingan kandang PSIS termurah di Indonesia," tandas Ferdinand.
Harga tiket termahal pertandingan kandang PSIS di DU 2012/2013 adalah Rp 50.000. Itu tiket kelas VIP.

PSIS adalah 1 dari 9 klub kontestan DU di bawah pengelolaan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) yang pada musim 2012/2013 hijrah ke DU di bawah pengelolaan PT Liga Indonesia (LI). Alasan mereka pindah tak terkait kisruh PSSI. Mereka hanya ingin berkompetisi dengan lebih baik, jelas, kompetitif, dan kondusif.(dg)
Share on Google Plus

About 12paz