Share |

Bukan 'Pelit', tapi Fokus ke Pertandingan


Belakangan anggota skuad timnas Indonesia makin sulit dimintai waktu untuk wawancara oleh media. Firman Utina menolak anggapan tersebut karena seluruh pemain sebenarnya sedang fokus pada pertandingan.

Pelatih Alfred Riedl memang membatasi akses pekerja media terhadap pemainnya sejak beberapa hari lalu. Anggota skuad timnas tidak diperbolehkan melakukan wawancara di dalam hotel oleh media manapun.

Aturan dari sang bos tersebut dipatuhi oleh Firman Utina cs. Namun itu ternyata juga membuat para pemain menjadi 'pelit' mengeluarkan komentar saat ditanya media. Padahal Riedl masih memperbolehkan wartawan mendekati pemainnya seusai latihan atau pasca pertandingan.

Saat ditanya wartawan soal hal tersebut, Firman Utina menyebut kalau keputusan menolak wawancara bukan karena mereka tak mau melakukannya. Namun lebih karena demi menjaga konsentrasi.

"Kami tahu kami punya dua pertandingan ke depan. Kami ingin berkonsentrasi. Bukannya kami tak mau berkomentar ke media, itu lebih untuk konsentrasi tim supaya tak terganggu," sahut Firman dalam konferensi pers usai pertandingan.

Keputusan untuk meminimalisasikan aktivitas dengan pekerja media terbukti efektif. Selain menjauhkan pemain dari kontroversi-kontrovesi, Indonesia sukses melangkah ke final setelah menang agregat 2-0 atas Filipina. ( din / rin )
Share on Google Plus

About 12paz