Monday, August 23, 2010

Persija Sibuk Lengkapi Kuota


Persija Jakarta masih melakukan perburuan pemain asing untuk melengkapi kuota. Saat ini Macan Kemayoran sedang menyeleksi duo legiun impor Oliver Macort dan Leonardo.

Komposisi asing sementara yang dimiliki Persija adalah Greg Nwokolo, Erick Ersene Bayemi,Julius Akosah,dan Precious Emeujeraye. Persija pun tinggal mencari satu tambahan pemain lagi. Asisten Manajer Persija Ferry Indra Syarief mengungkapkan,beberapa nama asing alternatif tetap disiapkan.”Kami masih menyeleksi dua nama itu. Kami harus tahu kualitas mereka yang sebenarnya. Kalau mereka tidak memenuhi kriteria, kami akan panggil nama lainnya,” kata Ferry kemarin. Waktu persiapan yang dimiliki Persija cukup panjang lantaran kick-off kompetisi baru dimulai 26 September.

Kondisi ini tentu berbeda dengan musim lalu. Kala itu Macan Kemayoran hanya memiliki waktu persiapan efektif sebulan. Proses perekrutan tujuh pemain Persija pun tidak maksimal. Salim Alaydrus hanya bermain 869 menit atau 36% dengan banderol Rp632 juta.Aris Indarto hanya dimainkan 455 menit atau 19% dengan label Rp500 juta.Hal sama terjadi kepada Papa Toure yang merumput 180 menit atau 7% atau Emaleu Serge yang diturunkan 354 menit atau 15%. Untuk seleksi pemain asing, selain Macort dan Leonardo, Persija memiliki beberapa nama alternatif yang sudah masuk daftar.

Para pemain itu antara lain Itap Parica, John Tarkpor, dan Gustavo Chena. Menurut Ferry, kebutuhan Persija kini di posisi gelandang serang. ”Itap bermain di Liga Hong Kong.Posisinya sebagai gelandang serang,sama seperti lainnya.Kami tinggal mencari pemain untuk posisi itu, selain amunisi lokal pelapis. Untuk lokal kami belum memiliki nama. Proses seleksi juga sedang kami lakukan. Persija tetap memberikan kuota bagi pemain muda hasil pembinaan internal klub,”lanjut mantan Ketua Umum Jakmaniaini. Manajemen Persija menuju musim depan hanya mempertahankan 10 amunisi lokal. Pemain bintang seperti TA Musafri, Erik Setiawan, serta Leonard Tupamahu dilepas.

Kini, para pemain Persija yang dilepas beberapa sudah memiliki klub baru. Musafri, misalnya.Pemain asal Ternate itu kini berkostum Arema Indonesia. Lalu Erik memilih pindah ke Kalimantan dan membela Persiba Balikpapan. Leonard sedang didekati PSM Makassar. Sayang, masalah pemain Persija tampaknya akan berlarut. PT Liga Indonesia mengatakan kuota yang tersisa bagi Persija adalah asing Asia. Sebab, Akosah masih berpaspor Kamerun. Manajer Lisensi PT Liga Indonesia Llano Mahardika mengatakan Akosah bukan amunisi Asia.

”Bayemi tidak ada masalah administrasi. Hanya Akosah yang bermasalah karena diajukan sebagai asing Asia.Proses administrasinya sementara ditahan.Dia belum punya paspor Hong Kong. Dia juga baru satu kali bermain bersama Hong Kong, tapi hanya uji coba,”tandasnya. (wahyu argia)