Monday, August 23, 2010

Djarum IIC 2010 Jadi Ujian Darko Di Persib


Kinerja Pelatih Daniel Darko Janackovic akan segera mendapat ujian. Dalam pentas Inter Island Cup (IIC) 2010 yang digelar 27 Agustus sampai 5 September, kualitas Darko pantas diberikan penilaian.


Manajer Persib Umuh Muchtar mengakui, Persib akhirnya tampil di IIC setelah mendapat perintah langsung dari PT Liga Indonesia.Ajang yang akan digelar di Malang dan Palembang itu menurut Umuh bisa dijadikan acuan penilaian pada kemampuan Darko. ”Kita lihat saja sampai mana kekuatan yang dibentuk oleh Darko dengan bongkar-pasang pemain yang dilakukannya,” ungkap Umuh. Umuh menyatakan ajang IIC 2010 akan menjadi momen menyeleksi ulang pemain rekomendasi Darko, termasuk Vagner Luis yang kualitasnya diragukan.

Di turnamen tersebut, lanjut Umuh, Darko bisa melatih taktik dan strategi serta mencoba komposisi pemain di lapangan sehingga saat kompetisi dimulaAdd Imagei sudah tidak ada lagi uji coba taktik dan strategi. Manajemen memang tak membebankan target apa pun di turnamen yang akan diikuti Arema Indonesia, Persipura, dan PSM Makassar (Grup A) serta Sriwijaya FC,Persib Bandung, Persiba Balikpapan (Grup B). ”Tidak ada target apa pun. Kami hanya ingin melihat bagaimana kualitas Darko dan sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan selama ini.

Tapi,manajemen tetap akan mengevaluasi kinerja Darko. Kalau ternyata strateginya gagal,jadi bahan evaluasi juga bagi dirinya,”papar Umuh. Direktur Utama PT PBB ini menambahkan, keputusan manajemen tersebut sebagai respons dari ajuan pertandingan pramusim yang diprogramkan Darko. Pelatih berpaspor Prancis tersebut sempat mengajukan pertandingan try out ke Singapura menghadapi beberapa klub lokal di sana. Namun, programnya tersebut ditolak mentah-mentah manajemen.

”Di Liga Indonesia, kami tidak akan menghadapi klub-klub dari Singapura, tapi akan menghadapi tim elite di Liga Indonesia yang ikut dalam Turnamen IIC. Jadi, try outsebenarnya ya di IIC ini,apalagi biaya try out ke Singapura jauh lebih mahal daripada turnamen ini,” kata Umuh. Darko menyetujui keinginan manajemen tersebut. Meski persiapan skuadnya baru mencapai 50%, dia optimistis Maung Bandung bisa tetap memberikan yang terbaik pada ajang bergengsi tersebut. ”Kami akan menguji persiapan dua pekan kemarin.

Semoga para pemain bisa tampil gemilang meski banyak kendala dalam persiapan selama ini,”ujar Darko. Arsitek berlisensi A UEFA tersebut tidak menargetkan apa pun pada ajang IIC 2010.Dia hanya berharap Maung Bandung tidak menjadi juru kunci saat harus menghadapi Sriwijaya FC dan Persiba nanti. ”Asal jangan finis di urutan terakhir,itu saja target kami.Kalau bisa terus melanggeng, justru itu sangat bagus,”pungkasnya. (raka zaipul)