Monday, August 23, 2010

Deltras vs Persebaya = 3-0


Deltras Sidoarjo memastikan diri lolos ke babak selanjutnya Liga Jatim IX. Bertemu Persebaya Selection, Senin(23/8/2010) di stadion Gelora Delta, Sidoarjo, The Lobster menang besar 3-0. Mereka pun menjadi tim pertama di Grup 2 yang lolos ke babak selanjutnya.

Sama seperti ketika melawan Persema Malang, Persebaya Selection masih menurunkan tim yang 80 persen pemain muda dan minim pengalaman. Sedangkan tuan rumah, Deltras menampilkan banyak pemain bintang dan berpengalaman, seperti Bejo Sugiyantoro, Anang Ma'ruf, Danilo Fernando hingga Christiano Lopes.

Persebaya sempat menekan di sepuluh menit babak pertama. Striker Miko Ardiyanto sempat mengancam gawang Deltras yang dijaga Juni Irawan, tapi tidak membuahkan hasil. Justru Deltras unggul melalui pergerakan Danilo Fernando menit ke-17. Berawal dari umpan Bationo Germain, Danilo yang lepas dari kawalan Nur Fasta mampu memperdaya kiper Bajul Ijo Selection, Endra Prasetyo.

Usai mencetak gol pertama, Deltras sangat mendominasi pertandingan. Berulang kali duet striker Christiano Lopes serta Bationo mengancam gawang Endra. Tak hanya itu, Danilo sendiri sering memberikan umpan matang, tapi tak satupun yang berbuah gol kedua. Bahkan, Bationo yang tinggal berhadapan dengan kiper pun tak bisa mencetak gol.

Persebaya Selection baru bisa menimbangi permainan The Lobster sepuluh menit menjelang babak pertama usai. Masih bermodalkan semangat anak muda, mereka berusaha membongkar pertahanan Deltras yang dikomando Bejo Sugiyantoro. Di penghujung babak pertama, Sahlan Shodiq mendapat kesempatan emas, sayang bola masih melambung. Skor 1-0 bertahan hingga jeda pertandingan.

Pada babak kedua, Persebaya sebenarnya mampu menyamakan kedudukan melalui Lucky Wahyu pada menit ke-57. Menerima umpan manis dari Sahlan, Lucky mudah saja memperdaya kiper. Tapi hakim garis berkata lain, ia menganggap mantan kapten Timnas U-19 ini dalam posisi offside. Gol ini pun akhirnya dianulir.

Persebaya pun bangkit dan lebih intensif dalam melakukan serangan. Akibatnya pertahanan mereka longgar. Hasilnya pada menit ke-71, gawang Endra Pras kembali bobol oleh sundulan Lopes. Selang dua menit, Deltras berkesempatan memperbesar kedudukan ketika wasit memberikan penalti. Sayang eksekusi Bationo melambung jauh di atas gawang Bajul Ijo.

Deltras kembali unggul pada menit ke-81. Adalah pemain pengganti Jardel Santana yang menggetarkan jala Endra setelah menerim crossing Sutikno. Hingga usai laga, skor 3-0 untuk Deltras tetap bertahan.[sya/gir]