Monday, August 23, 2010

Keputusan Timnas Indonesia Lawan Brasil Tergantung China


Keputusan Tim Nasional (Timnas) Indonesia di bawah asuhan Alfred Rield untuk menghadapi Timnas Brasil dalam pertandingan persahabatan di Jakarta Oktober mendatang tergantung kepastian China.

"Kita tunggu satu dua hari ini. Jika China memutuskan tanggal melawan Brasil selanjutnya kita akan menyesuaikan," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arief di Jakarta, Senin.

Menurut dia, jika China telah memutuskan tanggal pelaksanaan pertandingan persahabatan melawan Brasil, Tim Samba itu akan bersedia bermain melawan Timnas Indonesia.

Sesuai dengan rencana awal, pertandingan persahabatan akan digelar tanggal 4 September nanti. Namun karena ada beberapa pertimbangan yang lain rencana pertandingan persahabatan akan digelar 9 Oktober mendatang.

"Brasil meminta melawan China dulu baru melawan Indonesia. Yang jelas pertandingan tergantung keputusan dari China," katanya di sela memantau latihan timnas di Lapangan PSSI Senayan Jakarta.

Ia menjelaskan, jika pertandingan persahabatan melawan Brasil sesuai dengan jadwal pihaknya akan menggunakan jasa promotor asing karena dianggap lebih mampu dibandingkan dengan promotor lokal.

Sementara itu Ketua Umum PSSI Nurdin Halid mengatakan, jika Brasil bersedia melakukan pertandingan persahabatan melawan Indonesia apapun halangannya termasuk dana akan diusahakan semaksimal mungkin.

" Brasil akan tetap kami datangkan meski meminta match fee 1,5 juta dollar AS. Kami akan menggandeng beberapa sponsor untuk menggelar pertandingan ini," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, jika dana dari sponsor tidak sanggup menutupi biaya yang dibutuhkan pihak PSSI akan menanggung kekurangannya. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan timnas Indonesia agar tidak canggung saat melawan tim-tim besar.

Sesuai dengan rencana pertandingan persahabatan melawan timnas Brasil akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta. Dipilihnya Jakarta diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

" Kita ingin banyak penonton yang memenuhi stadion. Dengan melawan tim besar saya yakin animo masyarakat untuk menonton akan tinggi," kata Nurdin menambahkan.

Timnas Indonesia sebelum menjalani pertandingan Piala AFF Desember nanti dijadwalkan menjalani dua pertandingan internasional yang salah satunya melawan Brasil.