Share |

Proses Naturalisasi Terbelit Birokrasi


Deputi Teknis Badan Tim Nasional Indonesia Iman Arif mengungkapkan berlikunya langkah-langkah yang harus ditempuh pemain calon naturalisasi untuk mendapatkan paspor Indonesia.

Dua pemain calon naturalisasi Indonesia Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran masuk dalam daftar pemain Pelita Jaya U-21 saat melawan tim De Jong Indonesia, yang berisikan pemain Belanda berdarah Maluku, dalam program “Indonesia Tanah Air Beta”.

Diego turun selama 20 menit dalam laga yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/3/11) itu, sementara Ruben hanya duduk di bangku cadangan.

Kedua pemain itu, bersama dua pemain lain yakni Joey Suk (Go Ahead Eagles) serta Stefano Lilipaly (tim junior FC Utrecht) tengah menantikan paspor Indonesia yang saat ini masih dalam proses pengurusan.

Ditemui usai laga, Iman menjelaskan tahapan-tahapan proses administrasinya, yang terdiri dari tujuh tahapan.

“Ya, sekitar 90 persen,” ujar Iman saat ditanya progres proses naturalisasi tersebut. “Agak berbelit memang.”

“Pertama kita ajukan ke Menpora (Kementerian Pemuda dan Olah Raga), setelah itu Menhukham (Kementrian Hukum dan HAM), lalu Menkopolkam (Kementerian Koordinator Politik dan Keamanan, terus ke Setneg (Sekretariat Negara Republik Indonesia), kemudian menunggu Kepres (Keputusan Presiden), baru Imigrasi,” ungkapnya.

“Saat ini kita sudah sampai Menkopolkam. Ini bagian yang penting,” tegas Iman.

Laga persahabatan itu sendiri berakhir 1-1.
Share on Google Plus

About 12paz