Monday, August 23, 2010

Kehadiran Pemain Timnas Di IIC Masih Tanda Tanya


Badan Tim Nasional (BTN) PSSI belum menentukan sikap mengenai peluang pemain timnas tampil pada Inter Island 2010. Turnamen ini merupakan pemanasan bagi klub-klub Liga Super Indonesia (ISL) jelang musim kompetisi 2010/2011.

PT Liga Indonesia memastikan akan menggelar Inter Island musim ini. Turnamen yang akan diikuti oleh enam klub tersebut akan digelar di dua tempat (Palembang dan Malang) mulai 26 Agustus-5 September 2010.

Pada waktu bersamaan BTN juga menggelar pemusatan latihan bagi timnas proyeksi Piala AFF 2010. TC telah dimulai 1 Agustus lalu dan baru berakhir 7 September 2010.

Ketua BTN, Iman Arif belum mengetahui jadwal Inter Island. Karena itu, dia belum bisa memutuskan apakah pemain timnas bisa memperkuat klubnya pada turnamen itu.

"Kalau jadwalnya tidak bentrok dengan TC, boleh saja. Tapi kalau bentrok, jadwalnya harus kita bicarakan lagi dengan BLI (PT Liga Indonesia)," ujar Iman lewat pesan singkatnya ke VIVAnews.com, Minggu, 22 Agustus 2010.

Beberapa klub memang mulai mempertanyakan status pemain timnas pada Inter Island nanti. Persib Bandung bahkan mengaku telah melayangkan surat kepada PT Liga Indonesia untuk menanyakan perizinan beberapa pemainnya yang berada di timnas.

"Saya sudah layangkan surat ke BLI (PT Liga Indonesia) untuk menanyakan apa kami boleh menggunakan pemain-pemain kami yang ada di timnas. Kami berharap diberi izin untuk bisa mengikutsertakan mereka," kata Umum Muhtar, manajer Persib.

Lebih lanjut, Iman mengaku tidak ingin gegabah dalam memutuskan. Pasalnya, dia tidak ingin keputusannya justru akan mengganggu program TC yang saat ini sedang berlangsung.

"Saya harus bicarakan dulu dengan coach Alfred (Riedl). Prinsipnya jangan mengganggu program TC. Program TC prioritas karena ada pertandingan persahabatan internasional 9 dan 13 Oktober 2010," tandas Iman.

Inter Island akan diikuti oleh enam klub, yakni Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan, Persib Bandung, Persipura, PSM, dan Arema. Tiga tim pertama bertanding di Palembang, sedangkan sisanya bertarung di Malang.

Babak penyisihan akan digelar dengan format setengah kompetisi. Juara dari masing-masing grup akan bertarung pada babak final di Palembang, 5 September 2010.