Share |

Hasil Rapat JC : Penyatuan Liga Dimulai 2014, Timnas Hanya Satu

Rapat Joint Committee (JC) PSSI di Kuala Lumpur, Malaysia, hari ini menghasilkan kesepakatan bahwa penyatuan kompetisi paling lambat harus dilakukan mulai 2014. Timnas juga hanya ada satu.

Demikian antara lain hasil rapat tersebut yang diungkapkan ketua JC, Todung Mulya Lubis, dan anggota komite, Catur Agus Saptono,  Kamis (20/9/2012) petang.

Dikatakan Todung, komite bersepakat bahwa di musim ini Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesian Super League (ISL) bisa tetap dijalankan. Namun, setelah itu harus dilakukan kualifikasi klub-klub dari kedua kompetisi tersebut untuk membentuk satu liga di musim berikutnya (2014).

"Kesepakatan ini masih akan dikonsultasikan lagi ke FIFA, karena hingga kini FIFA meminta penyatuan kompetisi harus dilakukan di tahun 2013," terang Catur.

Kesepakatan lain, tim nasional yang diakui -- dan otomatis yang akan dikirim ke Piala AFF 2012 - adalah timnas yang dibawah naungan atau wewenang joint comittee .

"(Mengenai adanya dua 'timnas') Joint committee akan membantu upaya pendekatan."

Hal lain yang disepakati adalah kongres PSSI akan digelar di akhir tahun 2012, termasuk pembahasan mengenai status empat anggota Komite Eksekutif PSSI yang dipecat, serta revisi statuta organisasi.

Menurut Catur, pertemuan berlangsung sekitar dua jam, dihadiri pula oleh Wakil Presiden AFC Pangeran Abdullah, Sekjen AFC Alex Sossay, dan Direktur Anggota Asosiasi-Asosiasi dan Hubungan Internasional AFC, James Johnson.


Share on Google Plus

About 12paz