Share |

Gol Tibo Kado Buat David Laly


Penyerang Titus "Tibo" Bonai mencetak satu gol saat Tim Nasional U-23 Indonesia membantai Kamboja 6-0 pada laga perdana penyisihan Grup A SEA Games XXVI di Stadion Gelora Bung Karno, Senin (7/11/2011). Gol tersebut dedikasikan Tibo kepada rekannya di Persipura Jayapura, David Laly.

"Gol tersebut untuk istri, anak, dan keluarga besar. Selain itu, gol ini untuk David Lally yang hari ini berulang tahun," kata Tibo seusai pertandingan.

Tibo membuka keunggulan Indonesia berkat gol yang diciptakannya pada menit ke-27. Pemain asal Papua itu berhasil menyundul bola lambung yang diberikan oleh Stevie Bonsapia dari sayap kanan.

Tibo mengaku sangat mengenal karakater Stevie dalam melepaskan umpan. Oleh karena itu, Tibo tak ragu menyambut umpan tersebut dengan kepalanya hingga berbuah gol. Seperti biasa, ia merayakan gol tersebut dengan berdansa sebelum disambut rekan-rekannya.

Menurut Tibo, goyangannya itu terinpirasi dari lagu Danza Kuduro yang dipopulerkan oleh Don Omar. Selain goyangan, Tibo punya kebiasaan lain yang unik. Dia selalu masuk ke gawang lawan untuk menggoyang-goyangkan jala lawan ketika Indonesia mendapatkan sepak pojok atau tendangan bebas. "Itu kebiasaanku. Aku melakukannya agar lebih termotivasi," ujar Tibo.

Meski begitu, Tibo menyatakan tak ingin cepat puas. "Ya, saya berusaha berbuat yang terbaik untuk timnas. Selanjutnya, saya serahkan sama Tuhan saja," beber pemain asal Papua itu.

Selain Tibo, Patrich Wanggai juga tampil impresif dengan mencetak dua gol. Gunawan Dwi Cahyo membukukan satu gol sehingga Indonesia unggul 4-0. Meski sudah unggul dengan perbedaan skor yang jauh, para punggawa "Garuda Muda" masih haus mencetak gol. Dua gol disarangkan kemudian ke gawang Kamboja melalui kaki Andik Vermansyah dan Ramdhani Lestaluhu.

Andik yang masuk menggantikan Ferdinand Sinaga pada menit ke-61 menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang mengandalkan kecepatan. Pada menit-80, Andik yang berlari dengan sangat cepat membawa bola melewati satu gelandang bertahan Kamboja ke dalam kotak penalti Kamboja. Pemain Persebaya ini pun berhasil menyarangkan bola ke gawang Sou Yati dengan tendangan kerasnya yang mengarah langsung ke sisi kiri gawang.

Gol terakhir Indonesia dieksekusi oleh Ramdhani Lestaluhu pada menit ke-84. Andik kembali berlari dengan sangat cepat dari arah sisi kiri dan segera melepaskan umpan cantik ke depan gawang. Bola yang melintas dengan indah pun dapat dengan mudah diceploskan oleh Lestaluhu yang berada persis di depan gawang Sou Yati.


kompas
Share on Google Plus

About 12paz